Brilio.net - Alam memang menawarkan keindahan yang tidak ada habisnya. Tidak hanya yang terlihat, namun beberapa keindahan alam tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi. Keindahan yang tersembunyi ini sering disebut sebagai surga tak kasat mata. Benar saja, karena di balik persembunyiannya tempat-tempat tersebut menyajikan keindahan fenomena alam yang tiada duanya.

Gua bawah laut merupakan bagian dari surga yang tersembunyi. Terletak di bawah tebing tinggi yang menjorok ke laut, sudah pasti tempat tersebut tak banyak diperhitungkan orang. Padahal keindahannya tak kalah dari eksotisnya pantai-pantai di luar sana.

Di dunia ini terdapat banyak gua bawah laut yang memiliki pesona terbaik. Dinding gua yang gelap berpadu dengan birunya air laut dan sedikit percikan cahaya matahari dari bibir gua membuat tempat ini terlihat sangat indah dan mengagumkan.

Sebagai negara dengan wilayah perairan yang luas, Indonesia tentunya memiliki gua bawah laut yang tak kalah eksotis dari gua yang populer di dunia. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (10/4) inilah deretan gua bawah laut terindah di dunia, empat dari 10 terletak di Indonesia.

1. Gua Cape Palinuro, Italia.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: robertharding.com

Goa bawah laut ini menjadi salah satu yang terindah di dunia. Selain karena air birunya, gua ini juga menyajikan relief dinding yang eksotis.

2. Blue Grotto Capri, Italia.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: butterfield.com

Hamparan air biru dan cahaya yang mengintip dari bibir gua membuat keindahan gua ini semakin sedap dipandang mata. Dinding gua ini memantulkan cahaya biru yang menyejukkan.

3. Gua Biru Kastellorizo, Yunani.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: youtube.com

Siapa yang tidak ingin berenang di gua bawah laut ini? Riak airnya mengundang para wisatawan untuk terjun menceburkan diri. Nah letak gua ini berada di negara Yunani.

4. Gua Poço Encantado, Brasil.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: tripadvisor.com

Brazil juga memiliki gua bawah air yang indah. Perpaduan birunya air laut, batuan yang indah alami serta sedikit cahaya matahari membuat kita betah untuk berendam di sini.

5. Gua Marble, Chile.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: inspiratorfreak.com

Gua bawah laut yang satu ini merupakan yang paling indah di dunia dengan kontur gua yang sangat indah. Dinding guanya membentuk seolah-olah hiasan yang sangat indah. Gua ini justru lebih mirip lukisan ya?

6. Danau Gua Cyprus, Kanada.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: Pinterest

Perpaduan dinding hijau dan birunya air laut serta relief gua yang indah membuat gua bawah laut yang satu ini menjadi salah satu yang terindah di dunia. Jika mengunjungi Kanada, pastikan untuk mampir ke gua yang satu ini.

7. Gua Rangko, Labuan Bajo, NTB.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: tripadvisor.co.id

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga memiliki gua bawah laut yang sangat indah. Terletak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan keindahan pantainya, gua ini tak kalah eksotis. Saat ini gua indah ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Labuan Bajo.

8. Gua Tebing Hatupia, Maluku.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: tinooon.com

Keindahan Maluku memang sudah tidak perlu dipertanyakan. Wilayah provinsi ini memang didominasi oleh laut, tak heran jika di Maluku banyak menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat indah, salah satunya Gua Tebing Hatupia ini.

9. Goa Hawang, Maluku.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: imansyahtamnge.blogspot.co.id

Tak hanya Tebing Hatupia, Maluku juga menyimpan keindahan gua bawah laut di wilayah kepulauan Kei. Gua Hawang ini merupakan salah satu gua yang perlu dipromosikan untuk destinasi wisata nih.

10. Gua Hajimangku, Kalimantan Timur.

gua bawah laut © 2018 berbagai sumber

foto: tifada.com

Di wilayah Derawan, Kalimantan Timur terdapat gua bawah air yang indah. Perpaduan relief gua dengan birunya air menjadikan gua yang dikenal mistis ini menjadi salah satu tempat wisata yang layak dijadikan rujukan nih.