Brilio.net - Sekarang, merawat tanaman hias menjadi tren dan hobi banyak orang. Masyarakat mulai memburu segala macam tanaman hias, bahkan tak sedikit yang rela merogoh saku dalam-dalam. Mengumpulkan, merawat, dan menikmati indahnya tanaman selama di rumah, menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan.

Namun sebelum itu kamu mulai turut mencari tanaman hias buat rumah. Pilihlah tanaman yang sekiranya tepat dan pas buat hunianmu. Nah, tanaman hias sendiri muncul tergolong dalam beberapa jenis. Salah satunya tanpa adanya bunga, yakni tanaman hias daun yang populer untuk indoor serta outdoor.

Tanaman hias daun bisa membuat suasana rumah kian asri, sejuk, indah, dan menarik dipandang. Tanaman hias jenis ini tidak hanya bisa ditanam dalam pot, tanaman ini justru lebih menarik jika digantung. Supaya semakin jadi pusat perhatian, pilih tanaman hias daun unik. Bisa dari ukuran maupun warnanya.

Nah, jika kamu tidak memiliki ruangan luas untuk koleksi, tanaman hias gantung berdaun kecil bisa menjadi pilihan terbaik. Berikut sepuluh rekomendasi tanaman hias daun kecil seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (8/2).

1. Trailing jade.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@leafandtwig.co

Trailing jade berasal dari Tanzania dan Kenya. Tanaman hias trailing jade termasuk sukulen yang memiliki daun kecil namun tebal. Bentuk daunnya menyerupai cekungan sendok. Untuk perawatannya, karena tanaman ini punya akar kecil, jangan memberi air secara berlebihan yang bisa merusak akar.

2. Dischidia Geri.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@arozona

Tanaman Dischidia Geri adalah tanaman yang memiliki daun kecil dan batangnya tumbuh menjuntai ke bawah sehingga bagus dijadikan tanaman hias gantung. Biasanya tanaman ini dijadikan penghias jendela rumah. Dengan perawatannya yang cukup mudah, kamu bisa menjadikan tanaman Dischidia Geri sebagai dekorasi rumah untuk memberikan efek segar dan alami.

3. Suplir.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@terasku.2020

Suplir merupakan tanaman paku terkenal untuk penghias outdoor maupun indoor. Tanaman ini bisa membawa kesegaran dan menarik dipandang mata. Bentuk daunnya yang mungil, bisa membuat interior dan desain rumah makin minimalis menarik. Nah, agar bisa tumbuh dengan baik, suplir membutuhkan tempat yang tidak terlalu kering dan butuh udara bersih.

4. Chinese money plant.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@houseplant.co.uk

Tanaman lucu ini dikenal dengan daunnya yang berbentuk bulat dan cantik. Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman misionaris. Dikutip dari proflowers.com, hal ini karena dahulu ada seorang misionaris Norwegia, Agnar Espergen, membawa tanaman ini pulang pada tahun 1940-an dan membagikannya kepada orang-orang yang dicintainya. Kini tanaman hias Chinese Money Plant pun telah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain menarik buat koleksi, tanaman ini juga mudah diperbanyak lho.

5. Creeping charlie.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@plantsoflitalita

Creeping charlie punya daun seperti mint. Tanaman hias ini disebut tanaman yang mudah sekali tumbuh. Dalam hitungan bulan, daunnya akan merambat dan mulai terlihat lebat. Gantung creeping charlie di dekat dinding, kamu bisa melihatnya tumbuh dan menghiasi ruang vertikal rumah.

6. Dollar.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@pinkiewanderlust

Tanaman dollar juga dikenal dengan sebutan Ficus pumila. Jenis tanaman rambat ini sering dimanfaatkan sebagai hiasan pagar atau tembok. Kesan segar bisa kamu dapatkan pada tanaman ini, karena tanaman dollar memiliki warna hijau yang cerah.

Sementara itu, tampilan bagian daunnya mengkilap sehingga menghadirkan kesan yang segar. Nggak heran kalau beberapa orang memilih tanaman dollar sebagai hiasan dinding ataupun tembok pagar rumah. Pasalnya tanaman dollar memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidang rambatnya.

7. Peperomia quadrangularis.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@keep_it_in_your_plants

Peperomia quadrangularis atau peperomia angulata, memiliki daun hijau dengan tekstur berurat dan kasar. Batangnya dapat menjuntai hingga setengah meter. Lokasi penempatan yang tepat untuk tanaman ini adalah di dekat jendela menghadap ke timur. Tanaman ini cocok digantung di dalam rumah karena perawatannya membutuhkan air sesekali saja.

8. Scindapsus.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@gowith_thegrow

Scindapsus merupakan jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari untuk mempercantik warna daunnya. Tanaman ini mirip dengan tanaman sirih gading. Daunnya sama-sama tumbuh lebar dan pipih serta bergerombol. Namun tanaman yang satu ini mempunyai corak putih yang lebih banyak dibandingkan sirih gading.

9. Peperomia hope.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@soofs_jungalow

Jenis tanaman hias gantung Peperomia hope termasuk tanaman sukulen. Tanaman ini tumbuh dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Warna hijau pada bagian daun biasanya lebih tua dibandingkan dengan batangnya. Hal yang menjadikan tanaman ini unik adalah bentuk daunnya yang pipih sedikit tebal dengan tekstur yang halus dan tumbuh menjuntai ke bawah.

10. String of heart.

tanaman hias gantung daun kecil © Instagram

foto: Instagram/@letsgrowrois

Ceropegia woodii yang lebih dikenal dengan tanaman hias string of heart memiliki daun berdaging, cukup tahan saat berada di kekeringan, dan cocok diletakkan di ruangan. Tanaman sukulen ini bersifat merambat, bahkan sampai 4 meter. Batangnya perpaduan hijau dan merah muda. Daun string of heart berbentuk hati dan punya beraneka ragam warna.

Cara menggantungnya, karena perlu disiram lebih sering daripada succulents (sukulen) lain, tanaman ini harus direndam dalam wadah dengan drainase.

RECOMMENDED BY EDITOR