Brilio.net - Sebagian orang menganggap pagar adalah komponen penting saat membangun rumah. Pasalnya, bangunan yang disebut pagar itu dapat melindungi rumah dari berbagai ancaman bahaya luar. Pagar juga bisa media untuk menjaga privasi pemilik, sehingga tidak semua orang dapat masuk dengan mudah terkecuali harus melewati pagar dulu.

Segala jenis bahan dan bentuk pagar dibangun kuat dan tahan lama. Pagar bisa dibangun dari beragam bahan dasar dan beraneka ragam bentuk. Mulai dari tumpukan bata, kayu, hingga alumunium. Supaya pagar tidak terlihat terlalu kaku dan monoton, kamu bisa menghiasnya dengan koleksi tanaman hias.

Sehingga saat dipandang, rumah jadi lebih indah dan cantik mulai dari komponen paling luar yakni pagar. Nah, salah satu tanaman hias yang baik untuk menghiasi pagar ialah tanaman rambat. Kendati begitu, ada beragam tanaman hias lain di luar rambat yang bisa mempercantik pagar. Baik tanaman hias daun maupun bunga.

Tertarik untuk menghiasi pagar rumah atau bangunan lainnya dengan tanaman hias? Simak beberapa rekomendasi tanaman hias yang sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/2).

1. Antigonon leptopus.

tanaman hias daun pagar © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@jcbenitezalegre

Tanaman hias Antigonon leptopus atau yang sering disebut bunga air pengantin ini termasuk jenis tanaman rambat. Antigonon leptopus cocok untuk dekorasi pagar karena bisa berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini punya akar berbentuk gelembung, panjang, dan menyerupai umbi.

2. Bunga soka.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@yana_juna_story

Bunga soka kerap disebut flame of the jungle termasuk tanaman genus Ixora. Bunga soka bisa tumbuh dengan lebat, terdiri dari berbagai varian warna, merah muda, putih, merah, dan kuning. Sedangkan daunnya berwarna hijau dan punya bentuk kecil. Selain cantik buat menghias pagar, bunga soka juga mudah dirawat.

3. Clementis.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@domowo_i_ogrodowo

Jika kamu mencari tanaman untuk mempercantik tembok atau pagar rumah, clemantis bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Tanaman hias rambat clemantis akan menghadirkan bunga yang indah bermacam-macam warna. Kesan hidup akan muncul di bagian luar, membuat desain rumah jauh dari kesan membosankan.

4. Boxwood.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@cafedesignblog

Saat mencari tanaman hias buat pagar, boxwood jadi salah satu favorit banyak orang. Tanaman hias daun hijau ini sangat mudah dipangkas sesuai bentuk pagar. Selain itu, boxwood juga termasuk tanaman yang bisa tumbuh subur dengan lebat, bahkan hingga mencapai enam meter.

5. Bougenville.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@deschavyana

Tanaman hias bunga bougenville punya kelopak tipis. Tapi kecantikan bunga bougenville dapat menambah aksen indah pagar rumah. Bunga bougenville terdiri dari berbagai macam warna, ada ungu, merah muda, putih, dan emas. Tanaman hias bougenville bisa tumbuh subur di daerah tropis. Bunga ini juga jadi incaran banyak orang karena sangat mudah dirawat.

6. Dollar.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@dimitrias_kitchen

Tanaman dollar juga dikenal dengan sebutan ficus pumila. Jenis tanaman rambat ini sering dimanfaatkan sebagai hiasan pagar atau tembok. Kesan segar bisa kamu dapatkan pada tanaman ini, karena tanaman dollar memiliki warna hijau yang cerah.

Sementara itu, tampilan bagian daunnya mengkilap sehingga menghadirkan kesan yang segar. Nggak heran kalau beberapa orang memilih tanaman dollar sebagai hiasan dinding ataupun tembok pagar rumah. Pasalnya tanaman dollar memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidang rambatnya.

7. Sirih gading.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@rudy_afs

Selain punay bentuk daun khas, daya tarik dari tanaman ini yakni warna daunnya yang bercorak hijau putih. Tanaman rambat ini cukup populer dan memiliki nama latin Epipremnum aureum. Sirih gading bisa tumbuh mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm.

8. English Ivy.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@ogrodnictwoodadoz

Tanaman English Ivy menjadi tanaman terbaik yang cocok ditanam di pagar rumah. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini bisa merambat dengan cantik serta sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi. Tak perlu perawatan khusus untuk memelihara English Ivy. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor. Rumah jadi terhindar dari udara kotor mulai dari bagian luar.

9. Petunia.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@suculentasformosa

Petunia juga termasuk tanaman gantung bunga populer. Petunia akan mengeluarkan rimbunan bunga dengan variasi warna beragam. Beragam warna bunga bersifat rimbun atau kelompok, tampak cantik jadi hiasan dinding rumah. Perawatan Petunia juga tergolong mudah, nggak heran jika tanaman ini kerap diburu.

10. Black Eyed Susan Vine.

tanaman hias daun pagar © Instagram

foto: Instagram/@da_pinkbunnie

Black Eyed Susan Vine atau Thunbergia Alata adalah jenis tanaman bunga rambat gantung. Bagian tengah bunga Black Eyed Susan Vine berwarna hitam. Sedangkan kelopaknya terdiri dari berbagai varian warna cantik, seperti merah, putih, hingga kuning. Selain dapat digantung pada dinding, Black Eyed Susan Vine juga menarik diletakkan pada pagar rumah.

RECOMMENDED BY EDITOR