Brilio.net - Kini tanaman hias untuk dekorasi rumah bukanlah hal baru lagi. Bahkan perkembangannya pun makin pesat dan semakin tren di kalangan masyarakat. Selain menjadikan suasana makin asri dan cantik, adannya tanaman hias juga menambah inspirasi tersendiri bagi yang memandang. Tak hanya itu ada, sebagian tanaman bahkan memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar hunian.

Tanaman hias sendiri sangat beragam jenisnya. Ada tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias batang, tanaman hias akar dan tanaman hias buah. Namun, belakangan tanaman hias daun lebar tengah menjadi primadona. Secara garis besar, tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada bagian daunnya.

Di Indonesia, ada banyak pecinta tanaman hias daun lebar. Daya tarik dari daun-daunnya yang kehijauan dan memiliki corak atau bentuk yang unik. Tertarik untuk mengoleksinya? Intip rekomendasi 10 tanaman hias daun lebar, cantik dan cocok untuk dekorasi rumah, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (26/01).

1. Monstera.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantinsight

Daun tanaman berwarna hijau, dengan ukuran lebar dan bentuk yang unik ini bernama Monstera atau Monstera Deliciosa. Monstera adalah spesies tanaman merambat/ semak tropis hijau yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera memiliki ukuran raksasa dengan ciri khas daun yang berlubang dan memiliki kemampuan untuk tumbuh puluhan meter. Ciri khas tanaman Monstera deliciosa terletak pada bentuk daunnya yang cukup unik. Daunnya berbentuk bulat dan lebar dengan sobekan-sobekan alami yang mencirikan setiap jenis atau varietas monstera tertentu.

2. Kuping gajah.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@variegated_velvet

Anthurium crystallinum atau kuping gajah, memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah. Sekilas tanaman ini seperti tanaman keladi. Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk jantung warnanya hijau tua dengan urat hijau muda keputih-putihan. Pada daun terdapat guratan uratnya yang menonjol berwarna putih seperti kristal maka dinamai crystallinum.

3. Caladium.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@urbanjungling

Tanaman hias daun lebar selanjutnya yaitu jenis keladi atau caladium. Caladium merupakan bagian dari keluarga talas-talasan atau famili Araceae. Warna dan bentuk daunnya yang cantik membuat keladi banyak disukai dan dijadikan dekorasi ruangan. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun. Di Indonesia sendiri, keladi sangat mudah dijumpai meski bukan tanaman asli dari Indonesia.

4. Anthurium jenmanii.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@lolaflora.roslinna

Anthurium jenmanii atau yang sering dikenal dengan jemani merupakan tanaman yang paling banyak dicari oleh orang-orang. Tanaman ini memiliki tampilan daun dengan kesan kokoh dan elegan. Warna daunnya hijau cenderung tua dengan tekstur tebal sehingga tak mudah rusak seperti sobek ataupun patah. Jenis ini memiliki daun yang lebat sehingga dapat memberikan kesan sejuk ketika diletakkan di dalam sebuah ruangan.

5. Aglonema.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@acha.plant

Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna dan corak daun yang cantik. Dedaunan aglonema dapat berupa campuran bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mewarnai rumah. Tanaman aglonema ini juga dapat memberi manfaat jika di taruh dalam ruangan. Sebab dapat menyerap polutan sehingga membuat udara di sekitar menjadi bersih.

6. Gelombang cinta.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tripsira

Siapa yang tak kenal dengan tanaman hias yang satu ini? Gelombang cinta pernah naik daun sekitar tahun 2007-2008 dan sekarang dijual dengan harga yang tidak semahal dulu. Gelombang cinta dianggap memiliki bentuk daun yang cantik karena memiliki efek bergelombang dengan daun yang lebar, dan memiliki bentuk urat yang menonjol. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor.

7. Calathea.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@littlenorthplants

Calathea merupakan salah satu tanaman hias daun yang kini banyak dicari banyak orang. Calathea ini termasuk genus tanaman dari famili Marantaceae. Terdapat puluhan spesies Calathea. Di daerah asalnya, di Amerika Selatan, daun Calathea banyak dijadikan kerajinan tangan seperti anyaman dan pembungkus makanan. Umumnya tanaman hias ini memiliki daun yang lebar berbentuk elips atau oval memiliki daun keunguan dengan corak bergaris berwarna merah muda.

8. Begonia.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@laffgarden

Selain mudah sekali hidup, tanaman hias bernama begonia ini juga memiliki warna bunga yang memikat dan cocok tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini juga sangat mudah ditanam dan dirawat. Tanaman begonia memiliki berbagai macam jenis sehingga menjadikannya salah satu tanaman yang sangat cocok untuk dekorasi ruangan.

9. Janda bolong.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@folia.houseplant

Tanaman janda bolong, adalah tanaman hias yang populer pada masa pandemi Covid-19. Tanaman ini masih masuk dalam keluarga monstera. Tanaman yang memiliki nama lain Monstera adansonii ini memiliki bentuk daun yang unik, yakni dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya. Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

10. Canna.

Tanaman hias daun lebar Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@saungflora.depok

Tanaman hias canna atau pisang brazil ini masih kerabat dekat keluarga jahe, sehingga keduanya masih memiliki banyak kesamaan. Daun Canna yang lebar berbentuk seperti dayung, umumnya berwarna hijau. Namun ada beberapa spesies Variegata yang daunnya berwarna merah atau coklat. Jenis tanaman ini juga tumbuh subuh secara kelompok dan menyukai sinar matahari.