Brilio.net - Hadirnya tanaman hias bisa menambah kehidupan baru di rumah agar tidak terus monoton. Selain dapat menimbulkan kesejukan dan keindahan, tanaman hias juga bisa menyaring udara kotor di sekitarnya. Beragam manfaat baik inilah yang membuat jenis tanaman hias dengan daun cantik difavoritkan banyak orang.

Namun beberapa kalangan sengaja mencari tanaman hias dengan daun unik atau antimainstream, berbeda dengan lainnya. Jika biasanya daun dari sebuah tanaman itu berwarna hijau, sekarang kamu bisa memilih daun berwarna kuning. Warna kuning alami dari tanaman tersebut yang bukan kuning karena penyakit, akan menambah kesan menarik saat dipandang.

Tanaman hias daun kuning ini bisa ditanam menggunakan berbagai media dan diletakkan memakai bermacam-macam teknik. Mulai dari memakai tanah langsung di halaman, menggunakan pot, hidroponik, diletakkan di sudut ruangan, bisa juga digantung di tempat yang sesuai.

Tertarik untuk mengoleksi tanaman hias daun berwarna kuning? Simak kumpulan rekomendasinya yang bisa kamu pilih, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (8/2).

1. Begonia kuning.

tanaman hias daun kuning © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@kebonemak

Begonia jenis kuning ini kerap diincar pencinta tumbuhan karena terlihat unik. Begonia ini punya daun kuning bermotif bercak merah. Akan terlihat cantik jika dipakai untuk hiasan rumah. Sebagian orang percaya kalau begonia kuning dapat membawa keberuntungan.

Soal perawatannya, tanaman hias unik berdaun kuning ini tidak terlalu susah. Letakkan begonia kuning di tempat teduh dengan asupan cahaya cukup. Siram begonia kuning secara berkala.

2. Legistrum daun kuning.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@harjo_bonsai

Tanaman hias legistrum daun kuning ini punya nama latin sunshine ligustrum. Legistrum daun kuning punya visualisasi menarik dan menyegarkan. Tanaman hias legistrum daun kuning bisa tumbuh dan terlihat cerah tanpa mengenal musim. Selain indah untuk indoor, legistrum juga bisa dipakai untuk hiasan sebagai pagar hidup.

3. Brokoli kuning.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@berkebun.n

Brokoli kuning bernama latin Euodia ridleyi atau Califa ini memiliki daun berbentuk panjang, kurus, dan bisa tumbuh subur rimbun. Sama seperti namanya, tanaman ini punya daun didominasi kuning. Meski namanya seperti sayur 'brokoli', tapi tanaman ini bisa dipakai untuk hiasan rumah.

Brokoli kuning dapat tumbuh hingga 55 centimeter. Agar dapat tumbuh sehat dan subur, brokoli kuning membutuhkan tempat yang pas, tidak basah maupun kering. Pastikan menjaga kelembapannya dengan baik. Siram dengan air yang cukup, beri pupuk sebulan sekali.

4. Walisongo mentega.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@tanaman.is.plant

Tanaman hias walisongo mentega memiliki daun perpaduan hijau dan kuning. Coraknya tidak menentu, bisa didominasi hijau maupun kuning. Tidak hanya terkenal karena cantik, walisongo mentega juga dapat menyerap udara kotor di dalam rumah. Perawatan tanaman hias berdaun kuning ini mudah. Siram setiap pagi dan sore setiap hari. Setidaknya satu bulan sekali beri pupuk.

5. Tanaman hias puring.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@tiara.nursery

Tanaman yang berasal dari kawasan tropis ini mudah ditemui di Indonesia. Bukan tanpa sebab, tanaman puring memiliki corak warna yang beragam sehingga menarik dijadikan koleksi.

Bentuk daunnya pun beragam, ada yang bergelombang, ramping, hingga bulat oval. Selain punya daun warna kuning, tanaman hias puring juga memiliki beragam warna daun. Mulai dari ungu, merah, hingga merah tua.

6. Lidah mertua laurentii.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@urbanmtljungle

Tanaman lidah mertua ini memiliki daun hijau tua dengan tepi kuning. Saat dewasa, tanaman bisa mencapai hingga empat kaki. Seperti lidah mertua lainnya, tanaman ini memiliki daun berbentuk pedang, terlihat kokoh, dan tumbuh secara vertikal dalam rumpun yang rapat.

7. Euonymus.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@theplantcabin.ph

Selanjutnya ada euonymus atau emerald n gold. Tanaman ini juga termasuk unik karena daunnya berwarna kuning cerah. Pada bagian tengahnya semakin tampak cantik karena terdapat motif warna hijau. Tanaman hias daun kuning ini bisa tumbuh hingga mencapai 3 kaki.

8. Sirih gading philo Brazil.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@yoe.littlegarden

Jenis ini memiliki corak yang cukup unik. Warna hijau yang dipadukan dengan warna kuning di bagian depan membuat daunnya mirip dengan bendera negara Brazil. Jenis tanaman sirih gading philo brazil ini butuh air lebih banyak dari jenis lainnya. Sehingga, akan lebih baik jika kamu menanamnya di tempat yang teduh serta sedikit terkena cahaya matahari langsung.

9. Sirih gading kuning.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@urbanlittlegarden

Sirih gading atau Epipremnum aureum berbeda dengan tanaman sirih yang masuk dalam tanaman toga. Sirih gading menjadi tanaman hias karena memiliki bentuk daun yang cantik menyerupai hati dan ukurannya tidak terlalu besar. Sirih gading kuning memiliki daun warna kuning cerah.

Tanaman ini bisa tumbuh mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Tanaman ini juga termasuk ke dalam tanaman mudah dirawat. Bisa digunakan untuk hiasan gantung, atau ditanam memakai pot dengan tanah lembap.

10. Philodendron moonlight.

tanaman hias daun kuning © Instagram

foto: Instagram/@miss_matitas

Philodendron Moonlight menjadi salah satu jenis philodendron yang paling banyak dimiliki oleh pencinta tanaman hias. Tanaman asli Amerika Selatan ini memiliki warna daun kuning kontras, sehingga jenis ini juga dikenal dengan nama philodendron lemon orange juice. Tanaman ini cenderung mudah dirawat di dalam ruangan.

RECOMMENDED BY EDITOR