Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Laksa Mahardikengrat (brl/gib)

09 September 2019 06:09

10 Ritual pemakaman unik di dunia, bukan manusia tapi benda

Umumnya, benda-benda mati ini mempunyai nilai historis yang sayang untuk dilupakan .

10 Ritual pemakaman unik di dunia, bukan manusia tapi benda

View Image



foto: listverse.com

Brilio.net - Pemakaman adalah bagian dari kehidupan. Mereka yang meninggal pasti akan kembali menjadi tanah. Ritualnya juga bermacam-macam seusai dengan adat, budaya, dan agama masing-masing. Yang paling umum, ritual ini meliputi kremasi, dikubur, dan lain-lain. Tujuannya, ritual ini dilakukan untuk menghormati yang meninggal.

Tapi ternyata tak hanya manusia saja yang menjadi subjek pemakaman. Ada juga benda mati yang 'dimakamkan' oleh manusia. Umumnya, benda-benda mati ini mempunyai nilai historis yang sayang untuk dilupakan.

Saking pentingnya, pemiliknya bisa mengucurkan dana besar untuk memberikan perpisahan terakhir terhadap barang kesayangannya. Akhirnya, ritual 'pemakaman' ini jadi unik dan berbeda dari yang lainnya. Kamu pasti juga penasaran seperti apa sih barang-barang unik ini.

Dirangkum brilio.net dari listverse, Senin (9/9), berikut 10 ritual pemakaman unik di dunia.

1. Pemakaman untuk game arcade.

Loading...

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Jepang mempunyai game arcade paling populer bernama Pachinko. Permainan ini melibatkan bola-bola metal kecil yang digunakan pemain untuk mengadu nasib. Kamu bisa menukarkan bola-bola kecil yang kamu dapatkan dengan berbagai hadiah.

Pada 2001 kemarin, sebuah produsen Pachinko bernama Heiwa menggelar pemakaman bagi peralatan game arcade tersebut sesuai dengan budaya Jepang.

"Ini adalah cara untuk berdoa bagi mereka yang bekerja dengan Pachinko," ujar Takayuki Uchiyama perwakilan dari perusahaan tersebut.

2. Kapal perang.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

USS Rodney M Davis, kapal perang dari Amerika Serikat ini akhirnya diberhentikan dari masa tugasnya pada 2015 kemarin. Prosesinya juga mengundang haru bagi seluruh awak kapal yang bertugas di kapal tersebut.

Selama 28 tahun, kapal tersebut sudah menjadi rumah bagi seluruh tentara yang bertugas. Prosesi 'pemakamannya' berlangsung sangat khidmat. Kapal perang memang memiliki tempat tersendiri bagi para pelaut yang berjuang bersamanya.

3. Burung gagak.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Burung gagak ternyata juga mengadakan ritual pemakaman bagi gagak lain yang mati. Burung gagak akan saling berkicau sahut menyahut dengan irama tertentu ketika melihat ada temannya yang mati.

Beda dengan manusia, ritual pemakaman oleh burung gagak ini tampaknya untuk memperingatkan burung gagak lainnya akan bahaya yang ada. Pintar juga ya?

4. Boneka.

Menurut kepercayaan Shinto dari Jepang, semua benda memiliki jiwa di dalamnya. "Kita percaya bahwa ada jiwa dalam boneka-boneka ini. Oleh karena itu saya melakukan ritual ini untuk mengangkat jiwa dari boneka tersebut dan mengucapkan terima kasih untuk mereka," Shingyo Goto, biksu yang bertanggung jawab atas prosesi pemakaman ini.

5. Pohon yang tumbang.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Pada April kemarin, sebuah pohon tumbang di New York Amerika Serikat. Pohon ini sendiri sudah berdiri sejak 100 tahun lalu. Masyarakat sekitar menggelar ritual perpisahan dengan pembacaan puisi, sajak, dan paduan suara. Sebuah pesta kecil tanpa plastik juga digelar untuk mengingatkan tentang daruratnya permasalahan lingkungan yang ada.

6. Jarum penjahit.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Jarum ternyata memiliki peranan penting di Jepang. Dari periode Heian hingga kini, jarum yang sudah tidak produktif lagi ternyata dipensiunkan dalam sebuah ritual yang mirip dengan pemakaman. Para penjahit, ibu rumah tangga, dan pemuka agama akan mengadakan ritual pemakaman atas jasa jarum-jarum tersebut.

7. Anjing polisi.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Anjing polisi berperan penting dalam pengejaran tersangka sampai mengendus narkoba. Oleh karena itu, ritual pemakaman selalu menyertai anjing polisi yang mati. Ritual ini sering dilakukan di Amerika Serikat dimana anjing sering digunakan oleh kesatuan polisi.

8. Robot anjing.

Sony mengeluarkan AIBO, sebuah robot anjing pada 1999. Sudah masanya pensiun, AIBO akhirnya menjalani upacara pemakaman dengan tradisi Jepang. AIBO sendiri sudah tidak diproduksi oleh Sony sejak 2014 kemarin.

9. Karakter fiksi.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Serial Breaking Bad benar-benar membekas di hati penggemarnya. Saat seorang karakter Walter White meninggal di acara tersebut, fans akhirnya membuat sebuah papan makan bertuliskan namanya. Tak hanya itu, fans juga menyumbang ratusan juta untuk yayasan orang jalanan di dekat lokasi makam Walter White.

10. Glacier es.

listverse pemakaman © 2019 brilio.net

Okjokull atau yang lebih dikenal sebagai 'OK' adalah sebuah glasier es di Islandia yang dideklarasikan 'mati' pada 2014 lalu. Sebuah papan memorial dibangun di lokasi glasier tersebut yang kini hilang esnya.

"Ini adalah glasier es pertama yang sudah tiada. Ini adalah pertanda bahwa 200 tahun lagi glasier lainnya akan bernasib sama," tulis papan pertanda tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Tradisi Unik Pemakaman Unik Pemakaman Aneh Fakta Unik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE