Brilio.net - Majalah ekonomi terbesar di dunia, Forbes menerbitkan ulasannya tentang daftar orang terkaya sejagat. Tim Forbes berhasil menemukan ada 1.810 miliarder di dunia. Ternyata, di antara ribuan miliarder tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke 3 dengan orang kaya terbanyak di Asia setelah China dan Hong Kong.

Sebagaimana yang dilansir brilio.net dari Forbes, Rabu (2/3), berikut adalah 10 orang Indonesia yang tergolong miliarder di dunia.

1. R. Budi Hartono

Dengan kepemilikan kekayaan USD 8,1 miliar atau setara dengan Rp 107 triliun. Budi Hartono bahkan berhasil menjadi orang Asia terkaya dan berada di posisi 141 mengalahkan calon presiden Amerika Serikat Donald Trump.

2. Michael Hartono

Masih dari keluarga Hartono, Michael Hartono berada lima di bawah Budi Hartono yaitu di posisi 146 dengan jumlah kekayaan USD 7,9 miliar atau Rp 105 triliun.

3. Chairul Tanjung

Pebisnis Indonesia berikutnya yang masuk deretan orang terkaya di dunia adalah Chairul Tanjung dengan kepemilikan kekayan USD 4,9 miliar atau senilai Rp 65 triliun. Dia berada di posisi 286 orang terkaya di dunia.

4. Sri Prakash Lohia

Pemilik Indorama Corporation, Sri Prakash Lohia, tercatat memiliki kekayaan USD 4,2 miliar atau Rp 55 triliun dan menduduki peringkat 358 dunia.

5. Bachtiar Karim

Pimpinan Musim Mas Group memiliki total kekayaan USD 3,2 miliar yang senilai dengan Rp 42 triliun. Dia berada di peringkat 527 terkaya di dunia.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT MILIARDER LAIN!

2 dari 2 halaman


6. Mochtar Riady

Mochtar Riady adalah pimpinan Lippo Group. Selain itu, pria keturunan China-Indonesia ini juga menjabat sebagai pimpinan The Asian Bankers Association. Total kekayaan Mochtar Riady USD 2,1 miliar atau Rp 27 triliun dan berada di peringkat 854 orang terkaya di dunia.

7. Tahir
 

Dengan kekayaan USD 2 miliar yang senilai Rp 26 tirliun, Tahir menobatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia pada urutan 906.

8. Murdaya Poo

Pemilik perusahaan elektronik, kontruksi dan teknologi, Murdaya Poo mebukukan kekayaannya di tahun 2016 dengan total USD 1,9 miliar yang setara dengan Rp 25 triliun. Dia menempati posisi 959 dari daftar orang terkaya di dunia.

9. Peter Sondakh

Kekayaan Peter Sondakh menurut Forbes mencapai USD 1,8 miliar atau Rp 23,9 triliun. Dia berada di posisi 1011 dari 1810 orang terkaya di dunia.

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Pada posisi terakhir terdapat Eddy Kusnadi Sariaatmadja yang secara ranking dunia menduduki posisi 1121 dengan kekayaannya yang mencapai USD 1,6 miliar atau Rp 21 triliun.

Masuknya para pebisnis asal Indonesia ini ke dalam deretan orang terkaya di dunia membuktikan bahwa ekonomi Indonesia sudah cukup stabil untuk investasi. Akankah mereka masih berada di posisi mereka di tahun yang akan datang atau bahkan mengalami peningkatan? Kamu tunggu saja.