Brilio.net - Seperti tahun sebelumnya, Google kembali mengungkap daftar pencarian paling populer di tahun ini.

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan SEA NBU, Veronica Utami, pengungkapan hasil penelusuruan ini dilakukan setiap tahun dan selalu menarik.

"Hasil penelusuran ini tidak sekadar menampilkan data, tapi juga mengetahui apa yang dirasakan dan dialami orang Indonesia sepanjang 2019. Hal itu dapat diketahui dari pencarian yang dilakukan pengguna di tahun ini," tuturnya saat event Year in Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12), dilansir brilio.net dari liputan6.com, Rabu (11/12).

Lebih lanjut Veronica mengatakan untuk tahun ini Google juga menambahkan kategori baru, yaitu kepergian tokoh. Kategori ini hadir untuk memberi perhatian lebih pada tokoh-tokoh inspiratif bagi orang banyak.

"2019 adalah tahun penuh perubahan dan harapan bagi Indonesia tidak hanya negara tapi juga individu. Hal itu dapat dilihat dari pencarian individu yang ingin melakukan perubahan, seperti mencari gaya hidup sehat," tuturnya menjelaskan.

Dari hasil penelusuran Google di tahun ini, lagu Cinta Luar Biasa masuk dalam daftar yang paling populer. Lagu yang dinyanyikan Andmesh ini berada di urutan 10 besar, bersama topik lain, seperti bucin hingga Nadiem Makarim.

Untuk informasi, topik yang masuk dalam daftar trending ini merupakan pencarian yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus bertambah. Selain itu, daftar ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas pencarian.

"Saya tidak menyangka lagu Cinta Luar Biasa menjadi penelusuran terpopuler. Terima kasih untuk seluruh support yang diberikan sepanjang 2019," tutur Andmesh menanggapi keberhasilan lagunya menjadi pencarian terpopuler di Indonesia.

Nah, bagi kamu yang penasaran tentang daftar pencarian terpopuler di Google sepanjang 2019, berikut ini ada daftar lengkapnya:

1. Cinta Luar Biasa.

penelurusan google sepanjang 2019 liputan6 foto: YouTube/HITS Record

Urutan pertama pencarian Google sepanjang 2019 diraih oleh lagu Cinta Luar Biasa dari Andmesh Kamaleng. Pada tahun lalu, posisi pertama diisi oleh Piala Dunia Rusia 2018. 

 

2. Pilpres 2019.

penelurusan google sepanjang 2019 liputan6 foto: Liputan6.com 

Hajatan demokrasi terbesar Pemilihan Presiden 2019 menjadi nomor 2 pencarian Google terpopuler. Tahun sebelumnya, posisi ini diisi oleh Asian Games 2018.

 

3. Dua Garis Biru.

penelurusan google sepanjang 2019 liputan6 foto: Instagram/@duagarisbirufilm 

Film Dua Garis Biru menjadi urutan ketiga terpopuler menurut Google sepanjang 2019. Setahun lalu, urutan ini dipegang oleh Piala AFF 2018.

4. Hidup Sehat.

penelurusan google sepanjang 2019 liputan6 foto: Freepik.com 

Hidup sehat ternyata juga masuk dalam urutan keempat pencarian Google terpopuler sepanjang 2019. Sedangkan tahun lalu, posisi ini diraih oleh lagu Karna Su Sayang

Berikut urutan kelima hingga ke sepuluh pencarian Google terpopuler 2019.

5. Bucin.

6. KKN Desa Penari.

7. Telur Gulung.

8. Keluarga Cemara.

9. Nadiem Makarim.

10. RUU KUHP.