Brilio.net - Sudah menjadi tradisi jika Forbes merilis daftar individu dengan tingkat kekayaan yang paling tinggi. Di waktu yang bersamaan, Forbes kembali merilis daftar deretan orang terkaya, tak terkecuali di Indonesia. Usai pandemi dan pasar yang lesu, tercatat total kekayaan miliarder Indonesia pada tahun ini terkoreksi dibandingkan tahun sebelumnya.

Mengutip laman resminya, kekayaan kolektif para konglomerat Indonesia naik 11 persen ke rekor USD 180 miliar dari USD 162 miliar tahun lalu. Kekayaan para konglomerat memiliki bisnis berbasis ekspor komoditas bertambah seiring dengan optimisme perekonomian Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,3 persen pada tahun 2022, dari 3,7 persen pada 2021.

Total kekayaan yang dimiliki oleh individu dalam daftar tersebut dihitung berdasarkan dari jumlah aset yang dimiliki, baik dari perusahaan pribadi maupun publik, hingga beragam aset lainnya. Sebanyak 22 taipan mengalami peningkatan kekayaan bersihnya sehingga ada update-an data dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes edisi Desember 2022. Dalam daftar itu, Hartono Bersaudara masih menduduki peringkat unggul pada daftar orang terkaya di Indonesia.

Lebih lanjut, berikut daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2022, dirangkum brilio.net dari sumber Instagram @forbes, Kamis (8/12).