Brilio.net - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain sendiri tempat peristirahatan terakhir mendiang putra sulungnya yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau yang kerap disapa Eril. Sang putra sulung yang dinyatakan tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss pada beberapa pekan lalu akhirnya pada Senin (13/6) jasadnya dikebumikan di sebelah masjid yang didesain oleh sang ayah.

Melalui unggahan di media sosial pribadinya, Ridwan Kamil membagikan sebuah desain foto tempat pemakaman dan di sampingnya terdapat sebuah masjid indah.

"Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil, dikutip brilio.net dari Instagram @ridwankamil, Senin (13/6).

Masjid tersebut diberi nama Al Mumtadz seperti nama akhir Eril. Al Mumtadz memiliki arti "terbaik". Ridwan Kamil menambahkan bahwa mereka tidak sia-sia memberikan nama yang memiliki arti penuh doa.

"Masjid Al Mumtadz yang artinya "terbaik". "Terbaik" adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini," tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil diketahui tidak hanya mendesain masjid yang letaknya berdekatan dengan makam mendiang anaknya saja. Namun, Ridwan Kamil dikenal sebagai arsitek yang sudah mendesain banyak masjid di berbagai daerah. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini dikenal sebagai arsitek yang memiliki konsep unik saat mendesain masjid. Selain itu, beberapa masjid yang didesain Ridwan Kamil juga memiliki nilai seni dan memancarkan keindahan.

Berikut ini 10 masjid indah rancangan Ridwan Kamil, sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/6).