Brilio.net - Tepung beras merupakan tepung yang berasal dari beras. Tepung beras dibuat dengan cara menggiling butiran beras menjadi bubuk. Seperti semua jenis tepung, tepung beras dibuat dengan memisahkan tiga bagian bulir dan menggilingnya dalam berbagai proporsi. Selain digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam membuat beberapa jenis kue, ternyata ada beberapa manfaat tepung beras untuk kecantikan kulit.

Menurut dokter kulit bersertifikat dengan Advanced PC Dermatologi di New York City dan instruktur klinis di Mount Sinai Medical Center, Suzanne Friedler, tepung beras merupakan bahan yang populer untuk bahan produk kosmetik di seluruh Asia Timur termasuk China, Korea Selatan, dan Jepang.

Karena sifat antioksidan dan anti-peradangannya, tepung beras dianggap memberi banyak manfaat untuk kecantikan. Tak hanya itu, di dalamnya juga mengandung komponen bioaktif, seperti asam ferulic dan asam fitat, yang diekstraksi dan ditambahkan ke beberapa produk perawatan kulit.

Tepung beras mengandung allantoin yang berguna merangsang perbaikan sel kulit, vitamin B, dan tirosinase yang berguna untuk mengontrol produksi melanin penggelap kulit. Tingkat PABA (Para Amino Benzonic Acids) di dalam tepung beras berperan sebagai tabir surya alami. Tepung beras bisa menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit dan mencegah terbentuknya sebum yang menyumbat pori-pori kulit.

Berikut 10 manfaat tepung beras untuk kecantikan dan cara penggunaannya, brilio.net lansir dari bollywoodshaadis.com dan healthline.com pada Kamis (17/12).

Loading...

1. Melindungi kulit dari sinar UV.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras mengandung beberapa zat pelindung matahari seperti asam ferulic dan allantoin, yang mengubahnya menjadi tabir surya alami yang baik. Menjadi agen anti-inflamasi yang baik, tepung beras juga bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mencegah kulit dari sengatan matahari.

Caranya, campur sedikit bubuk beras dengan susu dingin hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan ini secara konsisten setidaknya sekali seminggu. Kamu akan melihat kulitmu menjadi lebih cerah setelah satu atau dua bulan.

2. Mengatasi lingkaran hitam pada mata.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lingkaran hitam pada sekitar mata sering disebut dengan kondisi mata panda. Bubuk beras adalah salah satu cara terbaik dan obat alami untuk mengatasi kantung mata yang tampak mengerikan itu. Kamu juga dapat menghilangkan tampilan mata yang sangat lelah itu dan memberikan efek pendinginan pada mata sekitar mata agar lebih rileks.

Caranya, siapkan pasta kental yang terbuat dari campuran pisang, minyak jarak dan tepung beras. Kemudian gunakan sebagai masker mata atau aplikasikan pada area yang nampak gelap disekitar mata. Perpaduan bahan-bahan tersebut sangat bagus untuk mencerahkan kulit halus di sekitar mata. Masker juga memberikan efek relaksasi yang akan membuat tampilan matamu terlihat jauh lebih muda.

3. Membantu pengelupasan sel kulit mati.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras memiliki tekstur yang agak kasar sehingga menjadi bahan yang sangat baik untuk digunakan sebagai scrub. Partikel halus dari tepung beras dapat membantu sel-sel kulit mati yang mengelupas keluar dari kulitmu dengan lebih mudah. Tepung beras juga dapat menyerap semua sebum dan membuat kulit jadi bersih, halus, dan berenergi kembali.

Caranya, ambil tepung beras semi halus, bubuk coklat, gula pasir dan madu dalam mangkuk. Campurkan semua bahan dengan baik untuk mendapatkan konsistensi seperti lulur. Gosok campuran ini ke seluruh wajah atau seluruh tubuh, lalu bilas dengan air dingin. Jangan lakukan eksfoliasi berlebihan dengan nasi dan gunakan dengan lembut saat memijat.

4. Mencerahkan kulit.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras memiliki manfaat kecantikan untuk mencerahkan kulit. Kulit yang cerah tidak selalu putih, namun kulit cerah adalah kulit yang tidak terlihat kusam dan bersih. Tepung beras yang kaya nutrisi dan mineral telah dikenal sebagai salah satu obat kulit tradisional. Asam amino dan vitamin yang ada dalam biji-bijian seperti beras bertindak sebagai agen pembersih dan mengontrol kilau kulit.

Caranya, campur tepung beras dengan madu dan campur dengan air hangat untuk membuat masker wajah yang mengencangkan. Oleskan ke seluruh area wajah dan leher dan tunggu hingga benar-benar kering. Kemudian bersihkan dengan air biasa. Masker ini akan membuat kulit jadi lembut dan berkilau.

5. Menjadi pengganti bedak.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras bisa menjadi pengganti yang baik untuk bedak wajah yang mahal dan mewah. Partikel tepung beras tersebut memiliki sifat penyerap minyak, menjadikannya bedak wajah yang sangat baik dan alami. Tepung berasi ini dengan mudah menyatu dengan lapisan kulit dan menutupi pori-pori yang mengeluarkan minyak.

Ambil tepung beras dan tepung maizena dengan perbandingan 2:1. Setelah tercampur, oleskan bubuk secara merata di wajah menggunakan kuas makeup. Kamu juga bisa menggunakan hal yang sama agar riasan bertahan lebih lama. Misalnya, setelah mengaplikasikan foundation, tepuk-tepuk kulit dengan beras dan tepung maizena untuk mendapatkan kulit yang halus seperti sutra.

6. Mencegah penuaan dini.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras dapat mengatasi noda, garis halus dan jerawat yang menyebabkan penuaan. Tepung beras juga membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit agar terlihat segar dan awet muda.

Caranya, campurkan 1 sdt tepung beras dengan beberapa jus mentimun dan jus lemon untuk membentuk pasta. Oleskan tepung beras ini ke wajahmu dan cuci setelah kering. Ini juga bisa dicoba segera setelah kamu keluar rumah dan terkena matahari sehingga berfungsi sebagai paket anti-tan.

7. Membuat rambut mudah diatur.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras yang berbentuk butiran memiliki kemampuan mengencangkan rambut yang membuatnya luar biasa. Selain itu rambut lebih lurus dan mudah diatur. Caranya, ambil tepung beras dan Fuller’s earth (multani mitti) dalam jumlah yang sama dan aduk hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan sebagai bungkus pada rambut. Diamkan pasta selama sekitar 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Penggunaan paket rambut buatan sendiri ini secara teratur dapat meluruskan rambutmu.

8. Menyerap minyak berlebih.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat utama tepung beras adalah kemampuannya untuk menyerap minyak berlebih pada kulit dan rambut. Tepung beras adalah semua protein dan lemak dihilangkan, jadi yang tersisa hanyalah karbohidrat. Tepung beras sebagian besar terbuat dari pati beras. Pati beras mengikat air dan menstabilkan lemak. Pati beras ditemukan di banyak produk perawatan kulit dan perawatan rambut komersial. Ini digunakan untuk menyerap minyak, mengontrol kilau kulit, dan meminimalkan tampilan pori.

Cara penggunaannya dengan membuat campuran tepung beras serta tepung maizena dengan perbandingan 2: 1. Kemudian, aplikasikan secara merata ke wajah menggunakan brush. Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation terlebih dahulu supaya hasil makeup tidak cracky, cakey, serta membantu makeup bertahan lebih lama.

9. Mengurangi jerawat.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras dikenal efektif untuk mengurangi jerawat karena sifat antiseptik yang dikandungnya, di mana sangat efektif dalam melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, manfaat tepung beras untuk kecantikan ini didapat juga dari kandungan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat baik. Kemudian, khasiat lain dari allantoin tersebut, dapat membantu perbaikan dari tekstur kulit.

Caranya, siapkan 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya. Semua bahan tesebut dicampur rata hingga membentuk pasta halus. Aplikasikan secara lembut masker wajah ke kulit berjerawat. Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air dingin.

10. Mengontrol produksi melanin.

tepung beras untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tepung beras dapat digunakan untuk mengontrol produksi melanin. Produksi melanin yang berlebihan pada kulit dapat membuat warna kulit jadi lebih gelap. Caranya, campurkan 1 sdm tepung beras, kentang segar yang sudah ditumbuk, dan yogurt secukupnya. Aduk rata, kemudian terapkan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Tepung beras mampu menyerap kelebihan minyak pada kulit, sementara cairan dalam kentang akan mencerahkan kulit secara alami. Yogurt kaya akan pelembap alami dari susu.

RECOMMENDED BY EDITOR