Brilio.net - Setiap negara pasti memiliki keunikan masing-masing yang tidak dimiliki oleh negara lain, termasuk di Korea Selatan nih. Negeri Ginseng itu memang identik dengan negara indah yang kayak akan budaya. Di mana penduduknya kebanyakan sudah mulai condong dengan budaya modern, namun mereka juga masih memegang kebiasaan dari nenek moyang mereka yang tidak pernah ditinggalkan.

Nah kali ini, dikutip dari berbagai sumber, brilio.net bakal mengajak kamu buat memahami lebih jauh beberapa hal yang dianggap normal ada di Korea Selatan, namun bisa membuatmu bingung jika kamu berada di sana nanti. Apa aja? Yuk, simak ulasannya langsung di bawah ini.

1. Fokus pada usia.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Orang Korea sangat terobsesi untuk mengetahui usia seseorang, bahkan orang yang baru ditemui. Ini bertujuan untuk menentukan cara berbicara dengan orang lain. Apakah menggunakan banmal (berbicara dengan teman seumuran atau yang lebih muda) atau menggunakan jondaenmal yang merupakan bentuk kesopanan.

Loading...

2. Pakai baju couple.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Di Korea Selatan, melihat pasangan yang mengenakan pakaian kembaran di jalan adalah suatu hal yang biasa. Bukan hanya pakaian yang kembar, tapi terkadang mereka juga mengenakan aksesori couple yang bisa menunjukkan rasa cinta satu sama lain.

3. Makan dari satu wadah dengan menggunakan sendok masing-masing saat makan bareng.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Ketika di Korea, kamu jangan heran jika melihat segerombolan orang yang makan bareng dari satu wadah dan langsung mengambilnya dengan alat makan masing-masing. Untuk di beberapa negara hal ini dianggap sebagai suatu hal yang menjijikkan.

4. Operasi plastik yang sudah menjadi hal biasa.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Dengan standar kecantikan yang dimiliki oleh Korea Selatan, ini membuat hampir seluruh masyarakat Negeri Ginseng juga terobsesi dengan operasi plastik. Hal ini sudah tak dianggap tabu di negara ini.

5. Bersentuhan fisik sesama jenis merupakan hal yang wajar.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Dalam budaya barat, jika melihat dua orang sesama jenis saling berpegangan tangan dan melakukan skinship mungkin akan dianggap aneh. Namun hal ini tidak berlaku di Korea Selatan karena hal tersebut sudahlah sangat wajar.

6. Sangat tertarik dengan golongan darah.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Menurut tradisi Korea, mereka percaya bahwa golongan darah bisa menentukan banyak hal, termasuk apakah kamu introvert atau ekstrovert, hingga menentukan kecocokan antara seseorang dengan pasangannya.

7. Makan mi harus sampai berbunyi dengan keras.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Ketika makan mi, entah itu mi olahan atau mi instan ramyun, harus berbunyi 'sluuuurp'. Mengapa demikian, karena jika makan mi tanpa berbunyi itu artinya makanan yang kamu makan itu tidak enak.

8. Orang Korea Selatan sangat suka minum (drinking culture).

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Korea Selatan adalah negara dengan tingkat pengonsumsi alkohol tertinggi di dunia. Jika kamu sedang berada di Korea dan seseorang menempatkan minuman di depan traveler di Korea Selatan, itu dianggap tak sopan untuk menolaknya. Selain itu, adapun adat untuk mengisi gelas orang lain sebelum minum untuk gelas sendiri.

9. Menggunakan Internet Explorer sebagai browser.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Semua orang di Korea Selatan tak tertarik dengan browser yang lainnya, dan hanya mengenal Internet Explorer. Hal itu disebabkan situs di Korsel dirancang hanya untuk Internet Explorer. Sehingga jika menggunakan browser yang berbeda, pasti tidak akan berfungsi secara normal. Selain itu, mereka juga memiliki situs atau mesin pencarian sendiri seperti Google, yaitu naver.com.

10. Semua orang menggunakan kosmetik perawatan wajah.

kelakuan normal di soukor © 2017 brilio.net

Semua orang di sini, adalah literally semua orang dari beragam kalangan, termasuk para pria sudah biasa memakai kosmetik. Ini digunakan untuk menjaga dan merawat penampilan mereka.

Nah, bagi kamu yang belum pernah Korea Selatan, jadi besok jangan syok ya, saat melihat kebiasaan mereka.

RECOMMENDED BY EDITOR