Brilio.net - Di bumi banyak sekali jenis tanaman yang memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri. Ada beberapa tanaman hias yang kegunaannya tak hanya untuk menghias sudut rumah namun juga bisa menjadikan udara di sekitar rumah lebih sehat.

Selain memiliki bentuk yang unik dan cantik, tanaman-tanaman ini mampu menyerap racun yang ada di udara. Sehingga udara yang kita hirup jadi lebih bersih. Dilansir dari greatist.com, studi yang dilakukan oleh NASA menemukan bahwa beberapa jenis tanaman hias yang ditempatkan di dalam ruangan dapat bertindak sebagai filter terhadap racun.

NASA dan Associated Contractors of America (ALCA) pernah melakukan penelitian mengenai pengaruh tanaman di dalam ruangan pada 1989. Ternyata ada beberapa tanaman yang memiliki kemampuan membuat kualitas udara di rumah jadi lebih bersih.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat ganda dari tanaman hias, yang selain bisa menciptakan keindahan ruangan atau halaman rumah, juga sekaligus dapat membersihkan udara, bisa memelihara tanaman multifungsi ini. Berikut 10 jenis tanaman hias pembersih udara, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (24/12)

1. Lidah Mertua (Sansevieria).

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@urbanmtljungle

Tanaman ini sangat populer karena dapat menyerap racun di udara. Tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria trifasciata ini merupakan tanaman hias daun.

Selain dijadikan dekorasi rumah, menanam lidah mertua di dalam ataupun luar rumah ternyata juga memiliki berbagai manfaat seperti menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia.

2. Peace Lily.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@san_bysusan

Peace Lily adalah tanaman berkelopak bunga berwarna putih yang cocok untuk memperindah ruangan. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Spathiphyllum ini bisa hidup dengan kondisi minim cahaya. Menariknya lagi, Peace Lily tetap bisa memekarkan bunganya walaupun ada di dalam ruangan.

Sama seperti lidah mertua, tanaman Lily ini memiliki manfaat sebagai penangkal racun dalam ruangan. Menurut penelitian yang dilakukan Royal Horticultural Society (RHS) menyebutkan bahwa Peace Lily bisa mengurangi senyawa kimia berbahaya yang ditemukan dalam cat dan perabotan yang berada di dalam rumah.

3. Spider Plant.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@greenhomedream

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum Comosum ini sering disebut dengan nama spider plant. Tanaman ini memiliki ciri khas daun berwarna hijau dengan panjang menjuntai.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA pada 1989 menyebutkan bahwa Spider Plant mampu menjadi pembersih udara dengan menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena.

4. Sirih Gading.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mypeacefulmoment

Tanaman rambat ini cukup populer dan memiliki nama latin Epipremnum Aureum. Tanaman sirih gading bisa tumbuh mencapai panjang belasan meter dan tebal batang 4 cm. Namun, jika ditanam di pot, tanaman ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil.

Sirih gading juga termasuk tanaman yang mudah ditanam dan dipelihara. Terlebih tanaman ini memang sulit mati dan memiliki umur yang panjang. Sehingga banyak orang yang memelihara tanaman yang memiliki julukan golden pothos, devil's vine, atau devil's ivy dan menjadikannya sebagai tanaman hias indoor.

Tak hanya memiliki corak dan warna daun yang cantik, sirih gading ini juga mampu menghilangkan racun di udara seperti menghilangkan senyawa kimia benzena dan trichloromethyl yang dapat meracuni udara sekitar.

5. Palem Bambu.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@idechrysonlineshop

Tanaman yang memiliki nama latin Chamaedorea Sefrizii ini merupakan tanaman hias yang berasal dari kawasan Meksiko dan Amerika Tengah adalah jenis tanaman tropis, oleh karena itu mudah dikembangbiakan di Indonesia.

Tanaman ini mampu menyerap polutan berbahaya yang keluar dari cat rumah seperti benzene, formalin dan trichloroethylene. Sehingga, palem bambu sangat cocok diletakkan disudut-sudut rumah.

6. Draceana Marginata.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantingforfun

Tanaman hias yang memiliki daun panjang dengan garis merah pada daunnya ini, dapat membersihkan udara dari adanya xilena, trichloroethylene, dan formaldehida. Tanaman yang sering disebut dragon tree ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Ia cukup disiram sekali sehari dan ditempatkan di sudut ruangan yang selalu disinari cahaya matahari.

7. Lidah Buaya.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@atindahly

Tak hanya dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat untuk menjaga keindahan rambut dan banyak dijadikan bahan produk kecantikan, tanaman lidah buaya juga dapat membersihkan udara dari racun. Lidah buaya bisa mengeluarkan oksigen pada malam hari yang tak banyak dimiliki tanaman lain.

Lidah buaya juga melepaskan zat volatile yang memiliki efek positif pada kekebalan tubuh. Sementara itu, jika diletakkan di dekat tempat tidur lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan.

8. Aglonema.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kediriflora

Jenis tanaman ini juga sering disebut 'Chinese evergreens'. Tanaman hias ini berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia. Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna dan corak daun yang cantik. Di Indonesia, aglonema sering kali disebut dengan sri rejeki. Aglonema, memiliki kemampuan menghilangkan benzene, karbon monoksida, dan formaldehida di udara.

9. Krisan.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@____c.marinus_____

Siapa yang tak kenal tanaman krisan? Pemilik nama latin Chrysanthemum morifolium ini sering kali kita jumpai di toko bunga. Siapa sangka ternyata bentuknya yang indah, memiliki manfaat untuk membersihkan udara dari racun.

Kemampuannya dalam menyerap amonia (senyawa kimia campuran nitrogen dan hidrogen) membuat krisan disegani. Selain itu, tanaman ini juga bisa menghilangkan zat beracun formaldehida, xylene, sampai benzene dari udara.

10. Pakis Boston.

Jenis tanaman hias pembersih udara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@pot.kecil

Tanaman hias yang disebut fern ini merupakan tanaman yang terbilang mudah untuk didapat. Kebaikan yang tanaman ini dapat memempengaruhi kulit menjadi lembab dan tidak mudah kering. Cara merawatnya hanya perlu disiram secukupnya dan ditaruh di tempat yang sering terkena cahaya.

RECOMMENDED BY EDITOR