Brilio.net - Tanaman hias memiliki beragam bentuk dan warna. Ada pula tanaman hias yang tidak memiliki bunga, hanya dedaunan saja.

Buat kamu penyuka tanaman hias atau berkebun, nggak ada salahnya melirik tanaman hias daun ungu. Selain bisa menambah koleksi tanaman hias, tumbuhan daun ungu ini pun punya warna warna eksotis dan berbeda dari biasanya. Juga, ada banyak tanaman hias ungu yang cocok dijadikan dekorasi di dalam rumah lho.

Terlebih lagi, beberapa di antara tanaman hias daun ungu itu sangat mudah ditanam, diperbanyak, dan perawatannya tidak terlalu ribet. Tanaman hias daun ungu ini juga bisa diletakkan di berbagai sudut ruangan, misalnya di dalam kamar mandi untuk mempercantik dan membuat udara lebih segar.

Tanaman daun ungu apa saja yang bisa membuat rumah jadi lebih segar dan cantik? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (26/1).

1. Purple Oxalis.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@plantandwander

Purple Oxalis atau yang kerap disebut tanaman kupu-kupu ini berasal dari Brasil. Tanaman hias ini punya bentuk daun unik menyerupai kincir dan berwarna ungu cetar.

Tekstur daunnya halus, sedangkan bunganya berbentuk mungil. Purple Oxalis jadi salah satu pilihan ideal ditempatkan di wadah maupun di dalam ruangan.

Menariknya lagi, tanaman hias ini dikenal cukup produktif. Tanaman ini punya ciri khas dapat merambat ke berbagai sisi. Purple Oxalis juga bersifat sensitif terhadap cahaya, membuat dedaunan kecil Purple Oxalis yang berbentuk segitiga ini bisa menutup sendiri pada malam hari.

2. Wandering Jew.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@pauseforplants

Wandering Jew atau Tradescantia Zebrina nggak kalah indah dengan tanaman hias lainnya. Varietas ini paling banyak punya daun dengan ciri warna perak di bagian atas dan warna merah marun keunguan di bagian bawah. Tanaman hias berdaun ungu ini mudah diperbanyak dan tampak bagus diletakkan di keranjang, kemudian digantung di dalam rumah.

3. Prayer Plant.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@crazyplantkatie_

Dikutip dari getbusygardening.com, Prayer Plant punya corak indah dan unik, baik dari daun maupun batang atau urat ungunya. Daunnya menyerupai bentuk tangan yang berdoa. Daun ini akan terbuka pada siang hari, kemudian menutup dengan sendirinya saat malam hari.

Prayer Plant dapat dijadikan salah satu tanaman hias indoor. Karena Prayer Plant adalah tanaman yang dapat hidup dengan cahaya rendah. Idealnya, tetap terkena cahaya terang namun tidak secara langsung.

4. Rex Begonia.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@bitkiyorumcusu

Rex Begonia jadi tanaman hias cantik selanjutnya yang bisa dipilih. Ada banyak varietas daun ungu yang bisa dipilih.

Daunnya memiliki spektrum warna, bentuk, dan garis yang luas. Walaupun bunganya tidak terlalu mencolok, bentuk daun yang unik dengan kombinasi warna perak, merah, ungu, putih, dan merah muda.

Rex Begonia menyukai udara teduh seperti di taman, sehingga tanaman ini cocok jadi pilihan untuk berkebun dalam ruangan. Dalam perawatannya, hindari tanah yang basah dan penggunaan pupuk secara berlebihan. Karena hal itu bisa menyebabkan Rex Begonia jadi busuk seketika.

5. Caladium.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@bellesgreenfriends

Caladium atau keladi ungu adalah tanaman tropis berdaun besar dan tipis dengan pola bervariasi. Tanaman hias ini menjadi lebih menarik karena punya bentuk yang tidak biasa, daunnya seperti hati, tombak, atau panah. Caladium sebenarnya hadir dalam berbagai warna pilihan, merah, merah muda, ungu, dan juga krem.

Selain untuk mempercantik rumah, Caladium biasa dipakai sebagai tanaman peneduh. Caladium atau keladi pun dapat hidup di dalam ruangan. Untuk perawatannya, tanaman ini membutuhkan minimal 3-4 jam cahaya setiap hari.

6. Ti Plant.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@saxhomehawaii

Ti Plant atau cordyline fruticosa merupakan tanaman hias berasal dari keluarga Asparagaceae. Ti Plant hadir dalam beberapa warna berbeda, dari daun ungu, merah, hingga orange.

Ti Plant berdaun ungu punya daya tarik tersendiri. Kebanyakan varietasnya punya daun menyerupai tali dengan garis-garis cerah. Tanaman ini senang berada di tempat yang menerima sinar matahari parsial.

7. Coleus.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@malinbrostad

Dilansir dari balconygardenweb.com, coleus adalah salah satu tanaman indah dan punya warna mencolok. Sebagian besar, coleus sering diletakkan untuk mempercantik taman luar ruangan. Tapi tanaman hias ini juga sangat mudah ditanam di dalam ruangan.

Coleus punya bentuk daun yang indah dan menarik yang dapat menghidupkan ruang tamu yang kusam. Sementara, strukturnya yang ringkas cocok untuk sudut yang dibatasi ruang dengan baik.

Warna ungu daunnya terlihat lembut dan bikin tenang. Warna daun ini tambah mencolok saat terkena sinar matahari yang cukup. Semakin banyak ia terkena cahaya, semakin jelas pula warnanya.

8. Calathea Roseopicta.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@aspiringgreenthumb

Calathea roseopicta atau calathea mawar memiliki daun yang lebar dan bermotif unik dengan warna hijau tua, hijau muda, dan kuning. Ketika musim panas, akan mekar sebuah bunga berukuran kecil yang berwarna putih dan ungu.

9. Calathea Crimson.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@sivo_greenjungle

Calathea crimson memiliki daun berwarna ungu muda hingga ungu pekat. Corak garis pada daun Calathea crimson menciptakan gradasi warna yang indah.

10. Waffle Plant.

tanaman hias daun ungu © Instagram

foto: Instagram/@snailscaper

Waffle Plant adalah tanaman hias mungil dengan dedaunan berwarna-warni yang indah. Waffle Plant memiliki penampilannya mencolok yang dapat mempercantik rumah. Perawakannya yang kecil membuatnya pas jika dipakai buat mendekorasi meja atau meja dapur.

Kecerahan daun Waffle Plant membutuhkan sinar matahari yang cukup. Jika tidak mendapatkan pencahayaan yang baik, warna ungu Waffle Plant mungkin dapat hilang. Namun, cahaya matahari langsung juga berbahaya karena daunnya bisa memutih dan terbakar sinar matahari.