Brilio.net - Setelah sukses dengan Invasion "Lost in Wonderland" tahun lalu, kini festival electric dance music, signature event Euphorics kembali digelar dengan mengusung tema "Tempus Chronicles". Gelaran festival musik indoor terbesar di Indonesia ini benar-benar menyedot perhatian para partygoers.

Terbukti pelataran pintu masuk Hall B3 C3 JIEXPO Kemayoran mulai dipadati para penikmat pesta sejak sore hari, Jumat (14/9). Padahal, pertunjukan baru dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Maklum, mereka tak ingin melewatkan acara festival electric dance music, signature event Euphorics yang kali ini panggung konser di-setting ala era keemasan Revolusi Industri pada tahun 1920.

liputan heineken © 2018 brilio.net

foto-foto: brilio.net/yani andriasyah

Partygoers bisa merasakan atmosfer perjalanan sejarah di kota punk yang menakjubkan dengan gabungan teknologi dan desain estetika sambil berdansa. Konsep ini terinspirasi mesin abad ke-19 yang didukung industri mesin uap yang banyak digunakan pada masa Inggris di era Victoria. Oh iya, acara musik keren ini sudah berjalan hingga tahun kelima.

Pada gelaran kali ini bertabur line up DJ ternama dari berbagai genre EDM seperti Snakehips, Yellow Claw, Sam Feldt, termasuk DJ lokal Indonesia. Bukan cuma setting panggung yang bikin takjub, mereka bisa merasakan pengalaman seru sejak di pintu masuk.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Dari pintu masuk pertama, partygoers mesti memasuki pintu masuk kedua yang menuju panggung utama melalui sebuah labirin keren bernama Hei Tunnel. Labirin yang didominasi warna hijau ini merupakan besutan Heineken, official beer di acara ini.

Di dalam labirin ini terdapat 10 karya instalasi seni dengan konsep ilusi optik. Karya seni ini mampu memberikan pengalaman yang berbeda dari festival musik elektronik pada umumnya.

Marketing Manager Heineken Ria Sutrisno saat mengajak media berkeliling Hei Tunnel mengatakan pihaknya ingin memberikan pengalaman baru kepada pengunjung. Menurutnya, ketika kita percaya bahwa dengan menikmati hidup lewat perspektif yang lebih fresh, pasti akan lebih enjoy.

"Labirin ini akan memberikan pengalaman unik. Saya sendiri ketika mencoba pertama kali di tiap tikungan bisa menemukan sesuatu yang menyenangkan. Saya merasa terkesan dan saya berharap pengunjung juga bisa memiliki fresh perspective ala Heineken dalam menikmati hidup setelah melalui labirin ini," kata Ria.

Kayak apa sih keunikan dan keseruan labirin ini? Berikut 10 instalasi seni yang bikin takjub.

1. Cermin pintu terowongan.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Instalasi seni yang disebut "timeless tunnel" ini berada tepat di pintu masuk. Bentuknya sekilas seperti cermin biasa. Namun jika pengunjung memperhatikan dengan seksama dan berdiri tepat di depannya, maka akan merasa seperti masuk ke dalam terowongan. Karena itu jika pengunjung nggak berhati-hati bisa nabrak cermin ini lho. Tapi di situlah sensasi ilusi optiknya.

2. Dinding dua sisi.

liputan heineken © 2018 brilio.net

liputan heineken © 2018 brilio.net

Sesuai namanya, "lenticular wall = what you see is not always what you get", ini menggambarkan sebagai dinding dua sisi. Filosofinya dari apa yang dilihat belum tentu dengan yang didapatkan. Pada satu sisi dinding ini bertuliskan "Cheers to The Unexpected!". Tapi jika dilihat dari sisi lain tulisannya menjadi That's Heineken.

3. Ilusi yang menipu mata.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Ruangan ini cukup difavoritkan pengunjung untuk mengambil gambar. Maklum ruangan yang didomiasi warna hijau bergaris membentuk figur bintang ini sangat instagramable. Goresan garis yang berbentuk bintang di ruangan yang disebut "reverse anamorphic image of star = hide and seek" ini jika diperhatikan cukup lama seakan seperti bergerak lho. Bikin pusing sih tapi sensasinya luar biasa banget.

4. Kaca bermuka dua.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Ketika pengunjung berdiri berhadapan dengan rekannya di depan sebuah cermin dalam instalasi double mirror, ternyata bukan wajahnya yang muncul, melainkan perpaduan antara dirinya dan rekannya. Keren kan?

5. Cermin refleksi.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Di salah satu instalasi seni terdapat tulisan "bad signals = more great pictures" yang berarti tidak perlu khawatir apabila sinyal handphone kamu kurang baik. Sebab dengan begitu kamu bisa mengabadikan momen melalui foto lebih banyak. Be positive aja deh!

6. Tulisan dua warna.

liputan heineken © 2018 brilio.net

liputan heineken © 2018 brilio.net

liputan heineken © 2018 brilio.net

Instalasi ini cukup unik. Di sebuah sudut labirin terdapat dua layar besar yang berbeda warna, merah dan hijau. Di ujung ruangan terdapat tulisan yang sekilas jika dibaca dari layar berwarna hijau akan muncul tulisan "Epic Memories Start Here". Tapi jika di baca dari layar berwarna merah tulisannya menjadi "Epic Parties Start Here". Benar-benar dua sisi nih.

7. Lukisan yang bergerak.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Dari seluruh instalasi seni yang ada, "reverse art work = move along" mungkin yang paling menakjubkan. Bagaimana tidak, jika pengunjung berdiri di satu titik yang sudah ditentukan lantas dia berjalan lurus sambil melihat dari kejauhan sebuah karya seni lukis yang menempel di dinding, maka lukisan itu seakan bergerak seperti hidup. Amazing!

8. Satu lagi nih cermin yang menipu.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Sama seperti cermin di pintu masuk, cermin yang bernama "tape room = the conclusions of illusions" ini juga bisa menipu. Diletakkan di sudut ruangan di tikungan terakhir berisi puluhan botol kaca di dalamnya. Jika diperhatikan dengan seksama pengunjung bakal merasa seperti masuk dalam lemari pendingin.

9. Ruang distorsi nih.

liputan heineken © 2018 brilio.net

Ruangan yang bernama "ames room = the distortion of proportion" juga unik. Di ruangan ini jika dua orang berdiri di sudut ruangan maka ukuran keduanya akan jauh berbeda. Hal ini disebabkan salah satu sudut dibuat lebih jauh dari sudut yang lainnya. Selain itu, alas ruangan juga dibuat miring dengan dekorasi dinding yang sangat artistik

10. Cermin tanpa bayangan, kok bisa ya?

liputan heineken © 2018 brilio.net

Di ruangan ilusi optik yang dipenuhi kaca dengan dekorasi botol bergelantungan ini, jika pengunjung berdiri di depan cermin justru bayangannya tidak akan terlihat. Hal ini disebabkan penempatan cermin yang unik sehingga bayangan yang ada di depannya menghilang. Selain itu ruangannya dibuat agak redup yang makin menambah sensasi ilusi optik.

Yang jelas Heineken memberikan kejutan bagi para partygoers dengan pengalaman yang lebih dari sekadar festival musik biasa.

 

RECOMMENDED BY EDITOR