Brilio.net - Mendesain ruangan di rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kita akan mendapat keleluasaan untuk menata. mendekor, dan memanfaatkan ruangan apabila memiliki ruangan luas. Di sisi lain, bagi kamu yang tidak memiliki ruangan yang luas, mendesain ruangan di rumah yang sempit bisa jadi hal yang tidak mudah.

Nggak jarang pemilik rumah harus memutar otak agar ruangan yang sempit bisa dikreasikan dengan baik. Maka tidak heran, jika banyak orang yang mengurungkan keinginannya menata ruangan karena merasa tempatnya terbatas. Kesulitan tersebut terjadi karena kebanyakan orang cenderung fokus untuk memikirkan desain dan dekorasi bagian tengah ruangan. Sementara itu, bagian sudut ruangan tidak terlalu dipikirkan.

Bagian sudut-sudut ruangan merupakan ruangan ekstra (extra space) yang bisa didesain lebih menarik secara fungsional maupun estetika. Sudut ruangan yang sempit bukan lagi penghambat, melainkan tantangan tersendiri bagi pemilik rumah.

Brilio.net merangkum dari berbagai sumber 10 ide memanfaatkan sudut ruangan sempit agar rumah lebih nyaman pada Selasa (9/4). Berikut referensi untuk kamu.

1. Tempat meletakkan tanaman hias.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: thehoneycombhome.com

Berbagai jenis tanaman hias bisa kamu letakkan di sudut ruangan yang sempit sesuai dengan kesukaanmu. Biasanya tanaman hias diletakkan di sudut ruangan yang tidak jauh dari jendela agar mendapat sinar matahari. Sudut-sudut ruangan tersebut cocok untuk tanaman hias antara lain ruang tamu, dapur, hingga sudut ruangan di bawah tangga.

2. Rak buku.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: herbeauty.co

Kamu merasa tidak punya tempat lagi untuk menaruh koleksi buku-buku? Sudut ruangan kosong di rumahmu bisa jadi jawaban. Kamu bisa mendesain atau memesan rak buku yang menempel di dinding atau pun rak buku model vertikal.

3. Wastafel.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: bwscreative.com

Kalau kamu bingung menempatkan wastafel, sudut ruangan di dapur bisa jadi pilihan. Biasanya, wastafel di dapur diletakkan bersebelahan dengan dengan jendela. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan bagian bawah wastafel dengan rak penyimpanan barang-barang dapur.

4. Laci.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: herbeauty.co

Selain wastafel, sudut ruangan di dapur juga bisa kamu manfaatkan sebagai laci tempat penyimpanan alat-alat dapur. Karena berada di sudut ruangan, bentuk lacinya pun tidak seperti laci biasa. Berbagai peralatan bisa kamu simpan di dalamnya sesuai dengan ukuran. Tidak hanya di dapur, laci di sudut ruangan juga bisa kamu buat untuk ruangan lain seperti ruang kerja.

5. Menaruh foto atau lukisan.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: herbeauty.co

Untuk menambah estetika, sudut ruangan yang sempit di rumahmu bisa kamu manfaatkan sebagai tempat menaruh foto atau lukisan yang digantung di dinding. Perhatikan tata letak setiap foto dan lukisan agar rapi. Ide ini cocok digunakan untuk ruangan keluarga ataupun ruang makan.

6. Ruang kerja.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: herbeauty.co

Memiliki ruang kerja di rumah menjadi tren akhir-akhir ini. Kalau kamu tidak memiliki ruang yang cukup untuk ruang kerja yang luas, kamu bisa memanfaatkan sudut ruangan. Kamu bisa memadukan meja dengan rak buku. Bisa pula menambahkan lukisan di dinding. Dengan begitu, kerja bisa menjadi nyaman.

7. Tempat pakaian.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: herbeauty.co

Sering kali lemari atau tempat pakaian lainnya memakan tempat di sebuah ruangan. Kamu bisa menyiasatinya dengan model lemari atau gantungan di sudut ruangan tanpa harus menghabiskan banyak tempat. Ide ini sangat cocok untuk sudut ruangan apartemen atau ruangan kamar tidur kamu. Selain pakaian, tempat tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang lainnya seperti sepatu atau koleksi tasmu

8. Tempat menyimpan barang kecil.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: herbeauty.co

Sebuah meja kecil di sudut ruangan bisa kamu letakkan untuk sekadar tempat menaruh barang-barang kecil seperti kunci, telepon genggam, atau dompet. Untuk membuat ruangan lebih indah, lengkapi dengan aksesori seperti vas bunga atau bingkai foto. Namun, jangan terlalu banyak menaruh barang di sana. Meja kecil seperti itu cocok diletakkan di sudut ruangan yang tidak jauh dari pintu mauk atau di dekat tangga.

9. Tempat makan.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: architecturendesign.net

Bosan makan di meja makan yang besar dan terlalu banyak makanan di atasnya? Mungkin meja makan sederhana bisa menjadi solusi kamu untuk memanfaatkan sudut ruangan yang sempit. Model meja makan sederhana tersebut cocok digunakan untuk rumah yang penghuninya tidak banyak. Kamu bisa menempatkannya di sudut ruangan yang tidak jauh dari dapur.

10. Tempat baca buku.

ide sudut ruangan © 2019 brilio.net

foto: houzz.com

Membaca buku adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di rumah. Agar kamu lebih nyaman, kamu bisa menyulap sudut ruangan sempit seperti kolong di bawah tangga untuk tempat membaca buku atau sekadar bersantai. Selain itu, kamu bisa memadukannya dengan membuat laci atau rak yang dapat membantu menyimpan barang-barangmu. Tidak lupa tentunya rak buku kecil dan penerangan harus kamu pikirkan.