Brilio.net - Saat ini banyak pemikiran orang yang merasa terdapat ketidaksesuaian antara jiwa dan raganya sehingga memilih menjadi transgender. Kemajuan teknologi yang ada bisa membuat penampilan mereka yang maskulin menjadi feminin, begitu juga sebaliknya.

Dengan operasi dan suntikan hormon, mereka yang perempuan bisa tampil menjadi sosok laki-laki seutuhnya, begitu juga sebaliknya.

Dalam dunia medis, mereka ini disebut dengan Gender Identity Disorder (GID) atau Gender Dysphoria.

Berikut 10 perbandingan transgender sebelum dan sesudah berubah dilansir brilio.net dari Lolwat.

1. Sona Avedian.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

Seorang mantan marinir Amerika Serikat (AS) bernama Matthew ini mengalami transformasi besar setelah mengambil terapi hormon. Pria 33 tahun itu merubah diri menjadi Sona Avedian. Sebelumnya, ia pernah menikah dan mengangkat seorang anak perempuan. Saat ini tinggal di Austin, Texas.

2. Buck Angel.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

Ia merupakan sosok yang cukup dikenal di kalangan LGBT dunia. Perempuan yang mengubah diri sebagai laki-laki ini sukses dalam dunia film dewasa. Ia hidup dengan rahasia identitas bertahun-tahun.

Buck Angel pada 2007 lalu menjadi pemenang Adult Video News Award ‘Transsexual Performer of the Year’. Saat ini ia menjadi advokat LGBT, dosen, pendidik, dan juga penulis.

3. Jenna Talackova.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

Jenna Talackova dikenal sebagai model dan artis TV Kanada yang mempunyai kepribadian yang menarik. Ia pernah masuk menjadi finalis Miss Kanada namun pada akhirnya didiskualifikasi karena teridentifikasi transeksual.

Ia diizinkan bergabung dalam kontes itu sampai 12 besar, tapi gagal melaju ke 5 besar. Meski begitu, ia mendapatkan gelar sebagai Miss Congeniality.

4. Thalita Zampirolli.

Trans © 2016 brilio.net

Thalita Zampirolli adalah model transeksual dari Brasil. Thalita menjalani operasi ganti kelamin di Sao Paulo saat ulang tahunnya yang ke-18. Thalita yang kini berumur 24 tahun saat itu mendapat dukungan penuh keluarga. Operasinya saat itu bahkan menggunakan dana dari neneknya.

5. Thomas Beatie.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

Thomas Beatie menjadi orang pertama di dunia yang disebut sebagai pria yang hamil. Dia terlahir sebagai perempuan dan bertahan dengan kelaminnya itu sampai pertengahan usia 20-an. Ia lalu memutuskan mengambil terapi hormon laki-laki tetapi tetap mempunyai rahim sehingga masih bisa mempunyai anak. Saat ini ia mempunyai 3 anak yang ia lahirkan sendiri.

6. Katastrophe.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

Roco Kayiatos yang dikenal dengan nama Katastrophe hidup di dunia hip-hop. Ia adalah seorang rapper dan produser musik di Amerika. Katastrophe menjadi musisi hip-hop pertama yang terbuka dengan identitas seksualnya.

7. Balian Buschbaum.

Trans © 2016 brilio.net

Balian Buschbaum lahir sebagai perempuan dengan nama Yvonne Buschbaum yang merupakan mantaan atlet lompat galah perempuan di Jerman. Ia menjadi satu di antara dua atlet lompat galah terbaik di Jerman saat itu, namun langkahnya harus terhenti setelah cedera persisten. Setelah itu, ia secara terbuka menyatakan keinginannya untuk ganti kelamin. Pada 2008 ia menjalani operasi untuk menjadi seorang pria.

8. April Ashley.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

April Ashley merupakan salah satu orang pertama yang melakukan operasi kelamin. Ia berprofesi sebagai model dan pemilik sebuah restoran di Inggris. Terlahir dengan nama George Jamieson, ia menyebutkan dalam bukunya jika dirinya diperkosa saat masih berumur 11 tahun.

Pada usia 25 tahun, tepatnya pada Mei 1960, ia menjalani operasi ganti kelamin selama 7 jam dengan biaya mencapai 3000 pound saat itu.

Operasi itu memberi efek nyeri dan rambut rontok, tapi operasi itu memberikan perubahan signifikan pada kehidupannya.

9. Karen Adell Scot.

perubahan transgender © 2016 brilio.net

Seorang dosen berusia 56 tahun, Gary Sconce, mengejutkan semua mahasiswanya kala ia mengumumkan jika dirinya bertransformasi menjadi perempuan bernama Karen Adell Scot.

Pengalamannya mengajar selama 24 tahun membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai pendidik terbaik. Risiko perubahan kelamin, ia kehilangan hubungan dengan istri, anak, dan rekan gereja. Meski begitu, ternyata mahasiswa dan sesama dosen mendukung pilihannya.

10. Loren Cameron.

Trans © 2016 brilio.net

Loren Cameron adalah aktivis gender, penulis, dan fotografer. Ia memilih untuk mengubah diri dari perempuan menjadi laki-laki.

Itulah 10 perubahan transgender. Dari 1 itu, mana perubahan fisik yang cukup drastis menurutmu?