Brilio.net - Tarzan of the Apes adalah salah satu karakter fiksi paling terkenal di dunia. Kisah penguasa hutan karya Edgar Rice Burroughs ini memiliki 24 sekuel novel. Lebih dari itu, Tarzan bahkan menjadi karakter utama untuk beberapa program radio, komik trip, acara TV hingga film yang jumlahnya tidak terhitung lagi. Namun, kisah Tarzan di setiap negara ternyata mengalami perubahan. Nah, ada juga beberapa fakta Tarzan yang hanya diketahui oleh Burroughs dan tidak tersebar di publik. Apa saja? Berikut 10 fakta tentang Tarzan yang akan membuatmu terkejut sebagaimana dilansir brilio.net dari Listverse, Jumat (1/4):

1. Tarzan adalah nama dari mantan pacar Burroughs.

Pada tahun 1910, Burroughs menetap di Chicago dan jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Tarzana, namun cinta mereka kandas karena sesuatu hal. Saat Burroughs menciptakan karakter Tarzan, dirinya mengaku sedang rindu dengan mantan kekasihnya yang berkulit putih tersebut. Jadilah nama karakter Tarzan muncul yan dalam bahasa primata 'tar' berarti putih dan 'zan' berarti kulit.

2. Tarzan tidak dibesarkan oleh gorila

Sebagian besar orang mengenal Tarzan dirawat dan dibesarkan oleh gorila. Padahal di karya Burroughs tidak pernah menyebutkan Tarzan dibesarkan oleh gorila. Bahkan di novelnya Tarzan dirawat oleh hewan spesies keras yaitu mangani.

3. Hutan tempat hidup Tarzan adalah peradaban yang hilang bukan Afrika

Burroughs menyebutkan lokasi kehidupan Tarzan berada di sebuah benua yang berjuluk Benua Hitam. Penulis jenius ini tidak pernah menyebutkan bahwa Tarzan hidup di Afrika. Namun karena penyebutan Benua Hitam dalam novel membuat orang berpikir bahwa daerah itu adalah Afrika.
 
4. Tarzan seorang warga negara Inggris.

Meski hidup di dalam hutan di Benua Hitam sesungguhnya Tarzan adalah warga negara Inggris. Berdasarkan novelnya orangtua Tarzan adalah John dan Alice Clayton yang meninggal dalam novel pertama.

5. Tarzan tidak hidup di rumah pohon.

Dalam film Johnny Weissmuller yang dirilis pada tahun 1930an, Tarzan digambarkan tinggal di sebuah rumah pohon bersana Jane. Padahal kisah Tarzan hidup di rumah pohon tidak pernah ada di novel Burroughs.

Kamu pasti belum tahu fakta-fakta itu kan? KLIK NEXT lagi untuk fakta mencengangkan lainnya!

2 dari 2 halaman


6. Kekasih Tarzan pernah mati dan hidup kembali.

Pada awal novel Burroughs menggambarkan bahwa Jane, kekasih Tarzan, terbunuh dalam pembantaian massal. Tarzan menemukan mayat sang kekasih dan memicu Tarzan ingin balas dendam. Tapi di akhir cerita ditemukan bahwa Jane tidak meninggal melainkan diculik.

7. Pemeran pertama Tarzan dipilih langsung oleh Burroughs.

Burroughs seorang penulis yang idealis dan membenci sistem Hollywood yang banyak mengubah alur cerita. Pada akhirnya Burroughs melakukan audisi sendiri untuk pemeran Tarzan dan menjatuhkan pilihannya pada Johnny Weissmuller.

8. Tarzan menguasai seni bela diri.

Memiliki tubuh kekar dan kuat adalah karakter yang sangat khas dengan Tarzan. Selain itu, Burroughs juga membekali Tarzan kemampuan bela diri yang sangat baik.

9. Tarzan dan Jane pernah menelan pil awet muda.

Bab 28 dari novel Tarzan bercerita tentang kaum Kavuru yang menculik Jane demi mendapatkan darah wanita segar. Namun Tarzan berhasil menyelamatkan Jane. Tidak hanya menyelamatkan Jane semata, bahkan Tarzan membawa pulang pil awet muda milik Kavuru yang dibaginya dengan Jane berserta kera setianya.

10. Tarzan pernah terbang keliling dunia.

Fakta ini terkuak dari seri Tarzan Pellucidar garapan Burroughs. Di seri itu diceritakan Tarzan menjadi orang yang kaya raya dan membiayai sebuah pembangunan balon udara untuk digunakan keliling dunia.