Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Laksa Mahardikengrat (brl/gib)

12 Agustus 2019 20:02

10 Cerita penemuan seram penyelam bawah laut yang bikin bergidik

Ada penemuan seram dari laut di Bali, Indonesia.

10 Cerita penemuan seram penyelam bawah laut yang bikin bergidik

View Image



foto: List Verse

Brilio.net - Hampir setengah dari bumi ditutupi oleh air. Dari timur ke barat, lautan membentang luas melewati dataran yang ada. Oleh karena itu, jangan heran jika banyak kehidupan yang tersembunyi di lautan yang belum terkuak hingga kini. Eksplorasi lautan sampai sekarang belum bisa memetakan secara sempurna apa yang ada di bawah sana.

Oleh karena itu, biasanya kamu akan menemukan aneka biota laut yang bikin heran. Tak jarang, penemuan penyelam bawah laut ini bisa bikin begidik ngeri. Mirip alien, biota laut ini mempunyai bentuk tubuh menyeramkan. Tak hanya penampilannya, biota laut ini bisa mempunyai racun yang sangat mematikan loh.

Kamu bisa belajar banyak dari ekologi lautan yang ada. Para penyelam ini mempertaruhkan nyawanya untuk menjelajahi daerah bawah laut yang paling berbahaya. Salah sedikit, nyawa bisa hilang dengan mudah.

Penasaran seperti apa cerita penemuan seram yang pernah dilakukan oleh penyelam? Dirangkum brilio.net dari Listverse, Senin (12/8), berikut 10 cerita penemuan seram penyelam bawah laut yang bikin bergidik

1. Biota laut di Bali.

Loading...

Penyelam Emeric Benhalassa baru saja mengeksplorasi area bawah laut di dekat Bali. Terlihat seperti alien imut, hewan yang satu ini ternyata adalah karnivora. Si kecil yang satu ini mempunyai kepala yang bisa berfungsi seperti saringan untuk menangkap mangsa. Wah, ngeri juga ya?

2. Ubur-ubur raksasa.

10 cerita seram penyelam  © 2019 brilio.net

Lizzie Daly menemukan seekor ubur-ubur raksasa sebesar manusia di Inggris Raya. Ubur-ubur yang mempunyai nama ilmiah Rhizostoma pulmo ini adalah spesies langka yang jarang terlihat. Tak main-main, foto di atas memperlihatkan ukuran ubur-ubur yang sangat besar jika dibandingkan manusia biasa.

3. Ikan Remora.

10 cerita seram penyelam  © 2019 brilio.net

Ikan yang satu ini sering terlihat bareng hiu. Remora biasanya mempunyai mulut seperti suction cup yang berfungsi untuk membonceng hiu dan mendapatkan makanan dari remah-remah mangsanya.

Dalam kesempatan kali ini, ikan tersebut melihat penyelam dan berusaha untuk menancapkan mulutnya ke kulit penyelam. Dikira hiu, ikan remora ini terlihat kebingungan. Wah, bagaimana rasanya dihinggapi oleh ikan yang satu ini ya?

4. Hutan bawah air.

10 cerita seram penyelam  © 2019 brilio.net

Dawn Watson pada 2015 silam menemukan hutan bawah laut di daerah Britania Raya. Yang bikin heran, hutan tersebut ternyata berumur 10.000 tahun.

Setelah diteliti lebih lanjut, daerah ini ternyata dulunya merupakan tanah yang menghubungkan benua Eropa dengan kepulauan Inggris. Dinamai Doggerland, daerah ini dulunya mempunyai peradaban manusia yang cukup modern pada masanya.

5. Penyelamatan Porcupinefish.

Porcupinefish sangat berbahaya karena mempunyai racun yang lebih mematikan daripada sianida. Seorang penyelam bernama Kye Bolen ini menemukan seekor Porcupinefish yang tersangkut kail pancing.

Dengan tangan kosong, cowok pemberani ini mencabut kail pancing tersebut. Kye sangat berhati-hati agar tak tertusuk oleh duri Porcupinefish yang berisi racun mematikan tersebut.  

6. Sarang bercahaya.

10 cerita seram penyelam  © 2019 brilio.net

Pada 2017 kemarin, seorang penyelam di Australia menemukan sebuah benda yang bercahaya. Setelah didekati, ternyata benda tersebut adalah kumpulan makhluk laut bercahaya yang membentuk sarang. Bernama ilmiah Thysanoteuthis rhombus, hewan yang satu ini hidup secara berkelompok di lautan lepas. Mirip seperti alien ya?

7. Ikan hiu terjerat tali.

10 cerita seram penyelam  © 2019 brilio.net

Seekor ikan hiu paus terjerat tali di perairan Hawaii. Jadi hewan langka, keselamatan ikan hiu paus ini tentu sangat terancam jika dibiarkan. Para penyelam harus menyelam hingga 18 meter untuk menyelamatkan hewan malang ini. Dengan bantuan gergaji, para penyelam membutuhkan waktu lebih dari setengah jam untuk melepaskan tali tersebut.

8. Dikepung ikan paus.

10 cerita seram penyelam  © 2019 brilio.net

Nan Hauser, seorang biologis yang mempelajari ikan paus pada 2018 kemarin sempat mendapatkan pengalaman mengerikan. Dirinya dikepung oleh ikan paus yang seperti mengajak bermain.

Bahkan, Nan Hauser sempat harus terlempar ke udara karena berbenturan dengan ikan paus tersebut. Selama 10 menit, Nan tetap tenang dan mengikuti permainan ikan paus tersebut. Walaupun mengerikan, Nan Hauser akhirnya selamat tanpa luka.

9.  Bertemu dengan ikan hiu raksasa.

Hewan yang dikenal dengan nama hiu bluntnose sixgill ini adalah spesies besar yang menghuni dasar lautan. Sebuah kapal selam penelitian bisa bertemu dengan hewan raksasa ini di perairan Bahmas. Mempunyai panjang hingga 5 meter, ikan hiu ini sontak membuat kaget para peneliti.

10. 'Sungai' di bawah kolam air jernih.

Sungai ternyata tidak hanya ada di pegunungan tapi juga bisa 'ada' di bawah air. Sungai menakjubkan ini berada di sebuah sinkhole di Meksiko. Sungai ini ditandai dengan sebuah kabut yang menyelimuti sekelilingnya.

Para penyelam melaporkan bahwa sungai tersebut terbentuk karena air laut dan sungai yang tidak bisa bercampur dengan sempurna. Tak hanya itu, kabut tersebut ternyata memiliki kandungan hidrogen yang berbahaya jika masuk ke tubuh.

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Penemuan Unik Penyelam Bawah Laut Fakta Unik Cerita Seram Hewan Laut Pengalaman Aneh
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE