Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Nur Luthfiana Hardian (brl/vin)

09 Agustus 2019 23:01

10 Cara meningkatkan motivasi belajar agar berprestasi

Belajar bukan lagi hal yang membosankan. .

10 Cara meningkatkan motivasi belajar agar berprestasi

View Image



Brilio.net - Manusia tentunya punya keinginan untuk belajar dan memperluas pengetahuan demi bisa meraih mimpi atau cita-cita. Mimpi itu ibarat nyawa bagi sebagian orang. Maka tak heran kalau orang kemudian menuntut ilmu hingga tinggi. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, tak sedikit pula yang rela merogoh saku lebih dalam untuk mendompleng motivasi.  

Proses untuk meraih cita-cita bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak perjuangan dan usaha untuk meraihnya. Dimulai dari diri sendiri terlebih dulu. Niat, usaha, dan doa harus selalu beriringan.

Salah satu kesulitan dalam belajar adalah menemukan motivasi. Sebagai contohnya, siswa merasa sulit untuk menerima pelajaran dari sekolah. Ilmu yang diperoleh terasa hilang setelah jam pulang sekolah. Belajar menjadi kegiatan yang membosankan. Motivasi pun hilang begitu saja. Lalu bagaimana cara menemukan motivasi untuk belajar?

Nah bagi kamu yang merasa lelah dan hilang motivasi belajar, baca beberapa cara meningkatkan motivasi kembali seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (9/8).

1. Sesuaikan dengan metode yang kamu senangi.

Loading...

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: pixabay

Jenis pembelajaran yang disukai orang beragam jenisnya, setiap orang punya metodenya masing-masing. Ada yang suka membaca, ada yang suka menonton, ada juga yang lebih suka mendengar. Ilmu bisa didapatkan dari mana saja. Pilihlah metode apa yang paling kamu senangi. Dengan begitu, semangat belajar akan mulai tumbuh kembali.

2. Pasang target pada diri sendiri.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: unsplash

Sebuah target penting bagi usaha. Selalu mengingat target apa yang akan kamu raih, misalnya jika kamu bisa mahir bahasa Korea, maka kamu akan bisa bekerja di kedutaan Korea Selatan. Saat mengingat target itulah yang membuat semangat belajar kembali berkobar.

3. Bergabung di tim belajar online.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: unsplash

Belajar bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Salah satunya tingkatkan motivasi belajar melalui belajar online. Kamu bisa bertukar informasi dan ilmu bersama teman-teman. Melalui belajar online, tak hanya ilmu saja yang bisa kamu dapatkan, tapi juga menambah teman.

4. Gabungkan metode belajar.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: unsplash

Agar tidak jenuh dan bosan, kamu bisa menggabungkan beberapa metode pembelajaran yang ada. Misalnya dengan belajar menggunakan peta, sambil melihat video di Youtube. Rasa senang dan seru akan membuat motivasi belajar tetap bertahan stabil.

5. Atur jam belajar.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: pixabay

Kebiasaan akan menjadikanmu selalu tepat. Caranya dengan mengatur waktu belajar yang tepat setiap harinya. Misalnya pengaturan jam belajar setiap hari pukul 20.00 WIB. Kamu akan mulai terbiasa dan konsisten dengan jam tersebut. Bahkan rasa kantuk tak akan melunturkan semangat belajar.

6. Beri penghargaan kecil pada diri sendiri.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: pixabay

Mulailah untuk bisa menghargai diri sendiri. Salah satu caranya dengan memberi penghargaan kecil pada diri sendiri. Penghargaan itu bisa kamu berikan saat dirimu sudah bisa meraih target yang ditentukan. Misalnya jika kamu sudah bisa menyelesaikan semua soal di buku, kamu akan mendapatkan liburan satu hari di pantai.

7. Istirahatlah sejenak.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: pixabay

Jangan berpikir kamu harus belajar terus sepanjang waktu. Tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak agar otak kembali fresh kembali. Istirahat yang cukup juga merupakan sebuah ide yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar. Selain dengan tidur, kamu bisa mencoba untuk melalukan mediasi atau olahraga kecil.

8. Hindari gangguan kecil.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: unsplash

Gangguan sekecil apapun bisa mengganggu proses kerja otak menerima pembelajaran. Cobalah untuk konsentrasi lebih dalam lagi, pusatkan pikiran, dan jauhkan diri dari gangguan. Pilih tempat yang kamu sukai, bisa di tempat tenang atau di tempat lain bebas sesuai metode belajarmu.

9. Jangan malu bertanya.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: unsplash

Ketika kamu sedang menemui kesulitan dalam belajar, jangan pernah ragu untuk bertanya. Sebuah pertanyaan atau rasa penasaran akan menumbuhkan ilmu yang lebih. Dengan jawaban yang sudah didapat, wawasanmu akan lebih terbuka. Kamu bisa bertanya kepada orang terdekat, orangtua, saudara, ataupun pada guru.

10. Berteman dengan orang yang senang belajar.

Cara meningkatkan motivasi belajar pixabay

foto: pixabay.com

Bukan berarti kamu dianjurkan untuk memilih teman. Tapi untuk urusan semangat belajar, pilihlah teman yang memiliki semangat belajar tinggi. Lingkungan akan membawa dampak pada diri sendiri. Kamu bisa belajar bersama. Dengan dekat dengan orang yang suka belajar, otomatis kamu akan ikut termotivasi belajar.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Lifestyle Life Tips belajar Motivasi Motivasi Hidup WoW Artikel Kaya
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE