Brilio.net - Detektif bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasalnya detektif harus mengambil data selengkap-lengkapnya tanpa diketahui orang. Ribet juga ya.

Nah untuk mempermudah pekerjaan detektif, ada alat mata-mata. Agar tidak terlalu menarik perhatian, alat mata-mata tersebut dikamuflase menjadi benda sehari-hari. Seperti apa sih benda sehari-hari yang dapat digunakan untuk mata-mata? Yuk simak informasinya di bawah ini dilansir dari deepknowhow.com, Jumat (20/10).

1. Pena mata-mata.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Pena ialah benda yang mudah dibawa ke mana saja. Karena kemudahan tersebut, pena juga menjadi alternatif alat mata-mata lho. Pada pena mata-mata biasanya ada alat rekam, kamera kecil, dan juga kabel USB penyalur data. Wah lengkap sekali ya. Yakin deh mudah dibawa dan nggak bakal ketahuan.

2. Kacamata dengan kamera rahasia.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Siapa yang akan menyangka kacamata yang seseorang pakai juga menjadi mata untuk informasi rahasia. Para detektif memiliki kacamata khusus dengan kamera kecil di kedua ujungnya. Jika detektif bertemu orang dan tidak diperbolehkan mengambil gambar, terpaksa memakai kamera tersembunyi. Kacamata ini biasanya didesain untuk merekam gambar selama dua jam.

3. Kamera kecil di baju.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Kamera ini akan berkamuflase laiknya kancing baju. Bagian kameranya membentuk pola mirip kancing. Jika disembunyikan di dalam baju tidak akan banyak orang yang curiga. Kamera ini bisa merekam semua kejadian selagi baterainya ada. Wah menarik ya.

4. Jam tangan mata-mata.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Memakai jam tangan merupakan kebiasaan banyak orang. Walau demikian harus hati-hati, siapa tahu jam tangan yang seseorang pakai merupakan alat mata-mata. Dalam jam tersebut ada kamera dan alat rekam yang tersembunyi di angka penunjuk jam. Pasti tidak banyak orang sadar jika kamera kecil itu diletakkan jam.

5. Kotak GSM.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Untuk menghindari kecurigaan, banyak detektif tidak menggunakan handphone pribadi ketika beraksi mencari informasi. Lalu bagaimana cara detektif berkomunikasi jarak jauh? Ternyata ada kotak kecil yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan, cukup dengan memasukan kartu SIM. Dengan demikian kamu dapat mendengarkan suara yang dikirimkan ke kartumu.

6. Colokan mata-mata.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Jika main di rumah orang dan melihat colokan, waspada ya. Ternyata para detektif juga memanfaatkan colokan sebagai alat mata-mata. Colokan tersebut mempunyai kamera tersembunyi yang dapat merekam segala aktivitas di sebuah ruangan.

7. Flashdisk pencuri data.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Zaman sekarang, banyak para detektif yang mencoba mengakses informasi melalui PC targetnya. Nah susah tuh jika harus berkali-kali mengecek PC target secara diam-diam. Maka dari itu terciptalah flashdisk untuk mengakses data pribadi dalam sebuah PC. Caranya gampang, masukkan flasdisk pada PC, maka otomatis semua password, software, dan aktivitas pengguna PC tersebut dapat tercuri, terbaca dan diamati dari jarak jauh. Nah oknum-oknum minta data via flasdisk bisa dicurigai nih.

8. Jam beker portable mata-mata.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Untuk mengamati aktivitas di ruangan, bisa juga menggunakan jam beker portable ini. Jam dalam sebuah ruangan sudah biasa, maka nggak akan banyak orang curiga bahwa jam tersebut punya kamera tersembunyi.

9. Kunci mobil.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Kunci mobil merupakan benda yang akan selalu dibawa kemana-mana. Maka dari itu orang-orang tidak akan curiga apabila kunci mobil bisa jadi alat mata-mata. Kunci mobil para detektif memiliki kamera tersembunyi. Selain itu beberapa kunci mobil detektif dilengkapi alat mode malam sehingga masih bisa merekam gambar di kegelapan.

10. Flashdisk perekam suara.

alat mata-mata © deepknowhow.com

Jika ingin mencuri data dalam rapat rahasia, bisa tuh pakai flashdisk perekam suara. Simpel dan tidak terlalu mencuri perhatian. Flashdisk ini bisa merekam suara 6-8 jam lamanya lho.