Brilio.net - Beberapa hari masyarakat dikejutkan dengan seorang laki-laki di Yunnan, China yang meninggal karena Hantavirus. Belum selesai masalah virus Corona, kini masyarakat ikut resah dengan hadirnya Hantavirus. Meskipun bukan virus baru di dunia, akan tetapi kejadian ini tetap saja meresahkan sebagian masyarakat.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Hantavirus adalah penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Hewan dengan potensi besar menyebarkan virus ini adalah tikus. Penularannya melalui kontak urine, saliva, dan kotoran hewan tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah Hantavirus adalah membasmi tikus. Kamu bisa membasmi tikus dengan menggunakan cara tradisional. Hindari membasmi tikus dengan menggunakan racun dan lem tikus. Sebab selain bisa berbahaya bagi anak kecil, hal tersebut juga bisa berbahaya bagi hewan peliharaanmu.

Kamu juga perlu mewaspadai ternyata banyak benda-benda rumahan yang selama ini jadi incaran tikus. Nggak heran lagi deh, jika rumahmu kemasukan tikus terus menerus. Hiiii!

Dilansir brilio.net dari Business Insider pada Rabu (25/3), berikut 10 benda yang ternyata bisa bikin tikus suka datang ke rumahmu. Namun kamu juga bisa membuat umpan dengan salah satu benda ini, jika ingin segera memusnahkan tikus.


1. Selai kacang dan cokelat.

foto: pixabay.com



Seperti manusia, tikus ternyata juga menyukai karbohidrat lho. Sebenarnya tikus menyukai banyak makanan, namun favoritnya adalah selai kacang dan cokelat. Kalau selama ini kamu berpikir tikus suka keju seperti dalam film-film kartun, justru keju berada di urutan belakang dalam list makanan kesukaan tikus.


2. Tumpukan barang bekas.

Loading...

foto: pixabay.com



Tikus menyukai tempat yang bersarang seperti tumpukan kapas, koran bekas, benang, atau bahan berbulu. Jika kamu memiliki tumpukan barang yang sekiranya demikian, mungkin lebih baik segera dibersihkan untuk mencegah tikus datang.


3. Daging.

foto: pixabay.com



Faktanya tikus juga menyukai daging. Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois menyarankan untuk mengikat sepotong kecil daging asap ke perangkap untuk memikat tikus.


4. Lubang di bagian rumah.

foto: pixabay.com



Jika kamu memiliki lubang di rumah kamu, segera tutup rapat tanpa tersisa. Michelle Niedermeier dari Program Penanganan Hama Terpadu Pennsylvania mengatakan bahwa bagian terbesar dari tubuh tikus adalah tengkoraknya, yang kira-kira selebar pensil.


5. Beton tak terawat.

foto: pixabay.com



Menutup lubang dengan menggunakan kawat wol steel atau sesuatu yang susah untuk digigit tikus. Tikus diketahui juga dapat mengunyah apa saja, bahkan beton yang tidak terawat lagi.


2 dari 2 halaman



6. Tumpukan baju kotor.

foto: pixabay.com



Jika di dalam rumah kamu sudah terdapat tikus, maka cara mudah untuk memancingnya keluar adalah dengan membuat tumpukan baju di lantai. Tikus menyukai tempat yang hangat dan nyaman, oleh karena itu hewan tersebut akan datang menghampiri.


7. Rerumputan dan limbah kotor rumahan.

foto: pixabay.com



Jika di rumahmu ada limbah yang berada di halaman dan dapur, segeralah bersihkan. Jika kamu juga memiliki halaman rumah dengan ditanami rumput mungkin bisa merapikannya agar rumput tersebut tidak menjulang tinggi.

Rerumputan dan limbah kotor di sudut-sudut rumah bisa dipastikan menjadi tempat bermain yang menyenangkan untuk para tikus.


8. Sisa makanan.

foto: pixabay.com



Kamu juga perlu rutin mengeluarkan limbah domestik secara teratur. Saat kamu membuang bekas sisa makanan kamu dalam tempat sampah, maka itu tentu akan menjadi pesta makanan bagi para tikus.


9. Gula dan tepung.

foto: pixabay.com



Ketika di dapur, kamu juga harus rajin membersihkan sekecil apapun sampah yang tertinggal. Jika kamu masih abai untuk membersihkan gula yang jatuh di lantai, atau tidak membersihkan sisa tepung di dapur, maka secara tidak langsung kamu sudah memberikan 'Undangan VIP' para tikus untuk datang.


10. Wastafel dapur.

foto: pixabay.com



Begitu juga dengan sisa makanan yang berada di wastafel pencuci piring. Jika kamu tidak segera membersihkannya, maka dalam sekejap tikus tersebut akan ada di sana dan menghabiskan sisa-sisa makanan itu.





RECOMMENDED BY EDITOR