Brilio.net - Tidak ada yang tahu persis kapan bencana akan terjadi, baik bencana alam maupun bencana buatan yang disebabkan oleh perang. Bencana ini bisa menelan banyak korban jiwa dan juga memberikan kerusakan yang berarti. Banyak orang-orang yang kehilangan sanak keluarga, harta, ternak dan rumah untuk ditinggali akibat terjadinya bencana.

Namun ternyata ada juga bangunan yang tetap kokoh meski sudah terkena bencana besar. Bangunan-bangunan ini biasanya dijadikan monumen untuk memperingati betapa dahsyatnya bencana tersebut. Nah, penasaran kan?

Yuk, simak 10 bangunan yang tetap kokoh saat bencana besar seperti dilansir brilio.net dari BrainBerries, Selasa (23/5). Indonesia ada nggak ya?


1. St. Paul's Chapel di Kota New York, Amerika Serikat.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Masih ingat dengan tragedi 11 September di tahun 2001 silam? Ya, serangan teroris di gedung World Trade Center itu memang sangat memilukan.

Namun secara ajaib, Kapel St. Paul yang letaknya dekat dengan gedung WTC tetap utuh meskipun gedung di sekitarnya telah menjadi puing.


2. Pompeii di Italia.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Kota Pompeii hancur pada tahun 79 Masehi karena letusan Gunung Vesuvius yang menutupi kota dengan abu hanya dalam hitungan detik. Bencana ini terjadi begitu cepat, sehingga tidak ada orang yang bisa menyelamatkan diri.

Namun ternyata masih ada peninggalan bangunan-bangunan yang tetap kokoh berdiri dan kini dipelihara oleh pihak pemerintah.


3. Gerbang Brandenburg di Berlin, Jerman.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Berlin menjadi tempat aksi pengeboman paling dahsyat selama terjadinya serangan sekutu di tahun 1945. Namun, secara ajaib Gerbang Brandenburg tetap bertahan saat Perang Dunia II dan masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Gerbang itu merupakan satu-satunya bangunan di Berlin yang tidak hancur oleh bom.


4. Katedral Cologne di Cologne, Jerman.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Selama serangan bom yang terjadi bertubi-tubi pada tahun 1942 di Cologne, ada satu katedral yang tidak hancur dan tetap utuh. Padahal Cologne sendiri dibombardir lebih dari 1.000 bom dan pusat kota berubah menjadi puing dalam hitungan menit.

Katedral Cologne tetap bertahan dan berdiri kokoh hingga sekarang. Dan juga katedral ini menjadi bangunan kebanggaan warga Cologne, Jerman.


5. Hiroshima Peace Dome di Jepang.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Pemboman Hiroshima dan Nagasaki telah mengejutkan seluruh dunia. Kota yang 90% hancur akibat serangan dan ribuan orang tewas, satu-satunya bangunan yang masih berdiri di Hiroshima adalah Hiroshima Prefectural Industrial Promotion Hall.

Dan kini bangunan ini masih berdiri kokoh dengan nama Hiroshima Peace Memorial Park dan namanya diubah lagi menjadi A-Bomb Dome.


6. Kuil Sanno di Nagasaki, Jepang.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Ketika bom kedua dijatuhkan di Jepang dan menghancurkan Kota Nagasaki beserta semua warganya, satu-satunya yang tertinggal Torii berkaki satu di Kuil Sanno. Torii merupakan pintu masuk ke kuil, menunjukkan betapa sucinya bagian dalam pada kuil.


7. Menara Air Chicago di Illinois, Amerika Serikat.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Menara Air Chicago dibangun pada tahun 1800-an untuk memasok air minum bagi warga Chicago. Pada tahun 1871, kebakaran mengerikan telah menghancurkan sebagian besar kota.

Menara ini merupakan salah satu bangunan yang masih bertahan dari bencana itu. Hingga kini, Menara Air Chicago masih berdiri kokoh, namun sudah tidak digunakan lagi.


8. Boudhanath Stupa di Kathmandu, Nepal.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Monumen Budha yang sangat spektakuler ini telah bertahan dari gempa terkuat yang terjadi Kota Kathmandu. Sebagian besar bangunan hancur, bahkan Menara Dharahara yang berdiri tepat di sampingnya ikut hancur akibat gempa yang terjadi di tahun 2015.

Namun Boudhanath Stupa tidak rusah dan masih tetap ada hingga kini.


9. Kota Hantu di Pripyat, Ukraina.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Bencana nuklir Chernobyl merupakan salah satu bencana paling mengerikan dalam sejarah manusia. Pripyat adalah kota yang ditinggalkan karena berada di zona radioaktif.

Ribuan orang dievakuasi dari sana tanpa sempat mengemasi barang-barang mereka. Nggak heran kota ini masih ditemukan banyak barang-barang yang tetap utuh.


10. Masjid Baiturrahman di Banda Aceh, Indonesia.

bangunan kokoh saat bencana  © 2017 berbagai sumber

Pada tahun 2004, ujung barat Indonesia dilanda gempa dan tsunami dahsyat. Salah satu yang paling parah adalah Kota Banda Aceh, di mana hampir seluruh daratannya disapu bersih oleh tsunami.

Namun rumah ibadah terbesar di banda Aceh ini pun tetap berdiri kokoh hingga sekarang setelah bencana besar yang dahsyat itu melanda.