Brilio.net - Yogyakarta dikenal sebagai salah satu gudang seniman. Maklum, banyak seniman hebat lahir dari kota ini. Kreatifitas mereka nggak diragukan lagi deh.

Nah, Yogyakarta punya ajang keren tahunan. Apalagi kalau bukan ARTJOG. Tahun ini ARTJOG bakal kembali digelar di Jogja National Museum pada 19 Mei—19 Juni 2017.

Oh ya, tahun ini sekaligus menandai satu dekade perjalanan ARTJOG, setelah pertama kali diselenggarakan pada 2008 dengan nama Jogja Art Fair.

ARTJOG © 2017 brilio.net

Tahun ini kali kedua ARTJOG menempati situs bersejarah yang dahulunya kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI). Serunya, 73 seniman baik dari Indonesia dan mancanegara bakal berpartisipasi dalam acara ini dengan memamerkan ratusan karya.

“Tahun ini dipilih 73 seniman, baik melalui seniman undangan, maupun seniman aplikasi,” kata Ignatia Nilu, tim kurator ARTJOG 10.

Oh ya, gelaran ARTJOG kali ini bakal mengusung tema Changing Perspective. Tujuannya untuk mengubah sudut pandang yang telah menjadi profan pada individu hari ini.

ARTJOG © 2017 brilio.net

Selama ini, perspektif biasa didasarkan logika yang bersumber pada rasionalitas otak manusia, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Jika di Barat biasa dicari melalui pendekatan science (ilmu pengetahuan), maka di Timur lebih pada aspek budaya, tradisi dan common sense (pengetahuan publik) yang kerap kurang mewakili pengetahuan masyarakat modern secara global,” kata Bambang ‘Toko’ Witjaksono, tim kurator ARTJOG 10.  

Pada penyelenggaraan kali ini ARTJOG juga membuka kesempatan luas bagi seniman dan publik melalui program Open Call Application dengan cara mengirimkan karyanya untuk dikurasi kurator ARTJOG untuk menjaring potensi-potensi seniman muda terbaik.

Nah dalam pameran kali ini, ARTJOG akan menggelar program utama dan pendamping, apa saja ya? Berikut 10 acara yang akan menyemarakkan pameran tahunan ini.  

1. Exhibition

ARTJOG © 2017 brilio.net

Tahun ini, ARTJOG secara khusus mengundang seniman yang akan berpartisipasi. Tidak hanya Indonesia, mereka juga berasal dari negara lain, seperti Singapura, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. Selain itu, beberapa nama seniman Indonesia yang sudah menyatakan terlibat pada ARTJOG 10 antara lain, Angki Purbandono berkolaborasi dengan Nicholas Saputra, Agus Suwage, I Nyoman Masriadi, Tromarama, dan Agan Harahap.

 

2. Commission Works

ARTJOG © 2017 brilio.net

Seniman muda asal Yogyakarta, Wedhar Riyadi dipilih sebagai commission artist yang akan menghadirkan instalasi balon-balon dengan ikon mata. Karya Wedhar akan menggubah tampilan utama bangunan Jogja National Museum yang menjadi lokasi pameran.

 

3. Young Artist Award

ARTJOG © 2017 brilio.net

Sebuah penghargaan bagi seniman muda terbaik peserta ARTJOG yang berusia di bawah 33 tahun. Program ini sengaja dirancang sebagai wujud apresiasi atas kiprah mereka dalam berkarya. Diharapkan dengan diselenggarakannya program ini, dapat menggali potensi dan wawasan seniman muda serta memperluas jaringan dan lintasan karier mereka dalam berkesenian.

 

4. Curatorial Tour

ARTJOG © 2017 brilio.net

Program pendamping ini diadakan sebagai sarana untuk ‘memuaskan’ rasa penasaran dan keingintahuan pengunjung. Dipandu tim kurator ARTJOG, pengunjung akan diajak untuk mengelilingi ruang pamer seraya diberikan penjelasan mengenai konsep karya-karya yang ditampilkan. Hal ini diharapkan dapat menjadi bagian dari program edukasi bagi publik.

 

5. Meet The Artist

ARTJOG © 2017 brilio.net

Apa maksud karya, dan bagaimana proses penciptaannya kerap menjadi pertanyaan yang terlintas di benak pengunjung. Meet The Artist memfasilitasi publik untuk berdiskusi secara langsung, serta bertukar gagasan dan inspirasi dalam berkarya dengan seniman-seniman yang terlibat dalam ARTJOG.

 

6. Special Performance

ARTJOG © 2017 brilio.net

ARTJOG juga memfasilitasi bentuk seni yang lain yang akan ditampilkan selama pameran ini berlangsung. Special Performance yang akan ditampilkan pada tahun ini, antara lain performance art Melati Suryodharmo, pemutaran film “Setan Jawa” (A silent movie with live gamelan orchestra) karya Garin Nugroho (Sutradara) dan Rahayu Supanggah (Komposer), pertunjukan contemporary dance dari Bimo Wiwohatmo. Selain itu, ada juga penampilan musik dari Dr and the Professor feat. Sruti Respati dan penari Astri Kusuma Wardani yang akan membuka perhelatan ARTJOG 10.

 

7. Merchandise Project

ARTJOG © 2017 brilio.net

Merchandise Project merupakan program yang mengundang seniman untuk membuat merchandise khusus untuk ARTJOG. Sebanyak 20 seniman akan berpartisipasi antara lain Eko Nugroho, Papermoon Puppet Theatre, Oky Rey Montha, Farid Stevy, Bob Sick Yudhita, Wedhar Riyadi, dan lain-lain.

 

8. Pembuatan Patung RJ Katamsi

ARTJOG © 2017 brilio.net

Menempati situs bersejarah Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) membuat ARTJOG merasa perlu untuk memberikan sebuah penghormatan pada RJ Katamsi—seniman, sekaligus salah satu pendiri dan direktur pertama ASRI pada tahun 1950 yang merupakan kampus seni rupa pertama di Indonesia. Pada 1970, ASRI sebelumnya telah membuat patung RJ Katamsi, namun patung tersebut telah dipindahkan ke kampus Institut Seni Indonesia (ISI) pada 2004. ARTJOG menggandeng seniman Wahyu Santoso membuat patung RJ Katamsi setinggi 2,5 dengan material perunggu yang kelak akan ditempatkan kembali di situs Jogja National Museum.

 

9. Open Air Cinema

ARTJOG © 2017 brilio.net

ARTJOG bekerjasama dengan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) akan memutarkan film-film terbaik yang dapat dinikmati seluruh pengunjung setia ARTJOG.

 

10. Jogja Art Weeks

ARTJOG © 2017 brilio.net

Jogja Art Weeks merupakan bentuk publikasi bersama yang memuat seluruh kegiatan seni di Yogyakarta. Diinisiasi pada 2015 oleh ARTJOG — Jogja Art Weeks diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai agenda kesenian dan kebudayaan selama periode Mei-Juni di Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan demikian, pengunjung yang datang ke ARTJOG dapat menghadiri ragam acara seni lain dengan berbekal buku panduan Jogja Art Weeks yang diedarkan secara gratis dan membuat liburannya Yogyakarta menjadi semakin menyenangkan.

Nah buat kamu yang penasaran acara apa saja yang bakal ditampilkan ARTJOG 10 ini, klik aja agendanya di sini.