Brilio.net - Gaya hidup setiap orang tentu berbeda-beda, ada orang yang memilih gaya hidup sederhana karena nyaman dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun, ada pula yang lebih menyukai gaya hidup mewah. Salah satu gaya hidup yang sering terdengar atau bahkan terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah hedon.

Secara garis besar hedon atau hedonisme merupakan istilah yang merujuk pada sikap memaksimalkan kesenangan dengan cara menghamburkan uang bahkan hidup dengan kemewahan. Hedon merupakan gaya hidup yang sudah dikenal dari zaman dahulu bahkan hingga kini. Dapat dikatakan, istilah hedon mempunyai konotasi yang buruk, karena dihubungkan dengan sikap boros untuk mendapatkan kesenangan.

Jika dilihat dari beberapa sisi, terdapat berbagai macam dampak buruk yang bisa ditimbulkan dalam prinsip hidup hedon ini. Terlebih lagi, jika gaya hidup ini diterapkan tanpa pemikiran yang rasional. Nah, untuk itu penting juga mengetahui ciri-ciri, dampak, dan cara mengatasi gaya hidup hedon, seperti yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/9).

Pengertian gaya hidup hedon.

Arti hedon © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kata hedon atau hedonisme berasal dari bahasa Yunani yaitu 'hedone' yang artinya kesenangan. Hedonisme dapat diartikan sebagai pandangan hidup seseorang atau merupakan ideologi yang kemudian diwujudkan dalam bentuk gaya hidup dan memiliki tujuan utama untuk menikmati serta merasakan kebahagiaan pribadi dalam menjalani hidup.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedon atau hedonisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa setiap kesenangan dan kenikmatan dalam bentuk materi merupakan tujuan utama dalam hidup seseorang.

Hedonisme juga diartikan sebagai pandangan hidup yang menganggap bahwa seseorang akan merasakan bahagia dengan cara mencari kebahagiaan sebanyak mungkin serta dengan cara bagaimana pun untuk menghindar dari perasaan yang dapat membuatnya merasakan sakit.

Sederhananya, hedon atau hedonisme mengacu pada paham mengenai kesenangan terhadap kenikmatan. Jadi, orang yang menganut pandangan hidup hedonisme berpendapat bahwa kebahagiaan serta kesenangan dapat diraih dengan cara melakukan banyak kesenangan serta menghindari hal-hal yang menyakitkan di dunia.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR