Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow!
Bima Rizky Fatkhurrohman (brl/red)

06 Maret 2019 17:17

Pelajar hingga pemulung baca buku gratis di Becak Pustaka Jogja

Becak Pustaka jogja adalah milik pensiunan PNS yang peduli terhadap minat baca masyarakat. Dari pelajar sampai pemulung bisa baca buku gratis..



Halo kawan Brilio. Kamu yang mengaku muda tapi suka males-malesan, harus malu dengan Kakek yang satu ini. Kakek Sutopo, pria berusia 72 ini masih giat dengan aktivitas sosial-pendidikan. Dia adalah pemilik  Becak Pustaka, becak yang dipenuhi dengan buku seperti perpustakaan. Padahal, ia merupakan pensiunan PNS di instansi Kodim. Ia pensiun sejak tahun 2003, setahun kemudian ia menarik becak.

 

"Kalau usia perpustakaannya baru dua tahun. Namun kalau usia sebagai tukang becak sejak 2004. Jadi perjalanannya 2003 pensiun 2 A, 2004 mbecak. Kenapa saya memilih mbecak, karena mbecak itu ada gerakan-gerakan olahraga yang dapat menyehatkan badan. Sehingga saya memilih sebagai tukang becak. Dari 2004 sampai sekarang setiap saya menunggu penumpang saya pasti membaca buku. Masyarakat tertarik untuk memberi buku saya, sehingga akhirnya sampai saat ini jumlah bukunya 100 buku sumbangan dari komunitas-komunitas dan masyarakat" jelasnya.

 

Meski begitu, Pria kelahiran 1947 ini baru membuat becak pustaka sejak tahun 2017 lalu. Tujuan membuat Becak Pustaka sangat mulia, ia ingin kembalikan minat baca masyarakat. Khususnya untuk masyarakat Yogyakarta. Hingga kini becaknya bisa membawa 100 buah buku, 100 buku lagi ia simpan di rumah. Bukunya ia dapat dari sumbangan berbagai komunitas dan masyarakat Jogja hingga berbagai daerah di Indonesia. Siapapun bisa membaca dan meminjam bukunya secara gratis.

 

Pemilik Becak Pustaka ini juga pernah dapatkan berbagai penghargaan untuk kreasi becak. Salah satunya Lomba Desain Becak Kayu Penghargaan Dinas Perhubungan DIY Juni 2017. Kalau ketemu sama becak ini di Jogja jangan lupa buat naik ya guys. Seru lo, naik becak sambil baca buku.

 

Loading...

RECOMMENDED

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kisah Inspiratif
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar
MORE