Burger legendaris lezat ini pasti bikin kamu kangen Jogja

Kamu pecinta burger? Wah rugi kalau nggak mencoba burger satu ini. Ya, burger monalisa di Jogjakarta.

Pada 1988, burger Monalisa ini menjadi usaha kuliner burger yang pertama buka di Jogja.Makanan modern ini disajikan secara kaki lima. Lapaknya tidak berpindah sejak 30 tahun lalu.

Burger ini selalu saja diserbu para mahasiswa dari berbagai daerah yang sedang kuliah di Kota Pelajar ini. "Burger Monalisa isinya ada daging, sayuran, mayones, diolesi mentega. Kemudian yang senang keju bisa ditambah keju," kata Wibowo Agung Sanyoto, owner Burger Monalisa.

Produk burger Monalisa punya rasa yang khas dan berbeda dengan burger lainnya. "Pertama di mayonesnya terasa manis dan gurih, tentunya manis yang sesuai lidah Indonesia khususnya Jawa," terangnya.

Spesialnya lagi, semua produk bahan burger adalah bikinan sendiri. Dari roti, mayones, daging burger. "Pertama, kami tentu punya rahasia resep yang bisa tetap terjaga. Kedua dari sisi kesehatan, kami bisa menjaga kualitas kebersihan. Sehingga kami buka dari 1988 kualitas rasa terjaga, kualitas kesehatan juga terjaga," terangnya.

Kenapa berani memilih usaha kuliner burger ketika makanan ini belum populer? "Pertimbangan saya kenapa burger karena itu makanan modern dan kami pengen menyajikan secara sederhana seperti sekarang lesehan," terang Wibowo.

Setiap hari Burger Monalisa mampu menjual 100an porsi. Bahkan sebelum krisis moneter bisa sampai 1000 porsi. Banyak mantan mahasiswa yang menyempatkan berkunjung ke lapak dekat kampus UGM ini untuk bernostalgia ketika sedang liburan ke Jogja. Mereka punya kenangan/cerita saat mahasiswa di lapak Burger Monalisa. Kamu mungkin salah satunya.

(brl/nng)

Review

Selengkapnya