10 Cara makeup natural untuk remaja, ringan dan simpel

10 Cara makeup natural untuk remaja, ringan dan simpel

Brilio.net - Makeup menjadi salah satu barang wajib bagi sebagian besar kaum hawa. Demi menunjang penampilannya, banyak wanita yang senang mempelajari teknik makeup. Salah satunya adalah makeup natural. Sepanjang tahun 2019, makeup natural memang populer diberbagai kalangan. Gaya makeup natural dinilai lebih menonjolkan kecantikan alami dan tidak membutuhkan banyak produk.

Makeup ini cocok untuk pemakaian sehari-hari karena tampilannya yang jauh dari kesan 'menor'. Rasanya yang ringan di wajah, membuat makeup natural bisa digunakan remaja sekalipun. Namun ada beberapa langkah yang harus dicermati remaja ketika ingin membuat look natural dengan makeup.

Jika salah langkah, alih-alih mendapatkan kesan wajah cantik yang diinginkan, kamu justru akan mendapatkan kesan wajah yang lebih tua dari umurmu sebenarnya. Sebab itu, penting untuk mencermati bagaimana cara makeup natural untuk remaja.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat(8/11), 10 cara makeup natural untuk remaja.

1. Bersihkan wajah menggunakan facial foam.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Sebelum mengaplikasikan makeup ke wajahmu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkannya terlebih dahulu. Basuh wajahmu menggunakan air bersih dan gunakan facial foam. Bagi remaja, disarankan memilih facial foam dengan bahan yang lembut tanpa kandungan scrub. Pastikan tidak menggosok wajahmu terlalu keras. Cukup usap lembut selama kurang lebih 3 menit, dan bilas. Jangan lupa keringkan wajahmu menggunakan kain atau handuk lembut, dengan cara ditepuk-tepuk.

2. Gunakan moisturizer yang cocok dengan jenis kulitmu.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Jangan lupa menggukan moisturizer agar kelembaban kulit remajamu tetap terjaga. Jika tipe kulitmu berminyak, pilihlah moisturizer dengan formula yang ringan. Tapi jika kulitmu kering, moisturizer sebaiknya menjadi item yang tak boleh kamu lewatkan. Selain melembapkan, moisturizer juga bisa menutrisi wajah sehingga terhindar dari berbagai masalah seperti iritasi dan jerawat.

3. Oleskan sunblok atau sunscreen.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Setelah mengaplikasikan moisturizer, langkah selanjutnya adalah mengoleskan sunblok atau sunscreen. Fungsi sunblok dan sunscreen ini antara lain mencegah kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab ada beberapa efek buruk sinar UV bagi kulit, seperti sensasi terbakar dan mempercepat penuaan. Jadi jangan lupa menggunakan sunblok atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.

4. Gunakan base makeup ringan seperti BB cream atau CC cream.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Base makeup akan sangat mempengaruhi tampilan wajahmu. Untuk kesan yang natural, hindari menggunakan base makeup yang berat seperti foundation. Cukup gunakan BB cream atau CC cream. Jangan lupa sesuaikan dengan tone warna kulitmu.

5. Bubuhkan loose powder dengan brush.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Ada berbagai macam powder atau bedak yang mudah kita temukan. Misalnya seperti loose powder, compact powder, dan two way cake. Dari ketiga jenis bedak tersebut, untuk look yang natural, pilihlah loose powder. Teksurnya yang ringan akan membantu mengunci makeupmu agar tidak mudah luntur dan awet. Loose powder juga bisa menyerap minyak, sehingga wajahmu bebas kilap. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan brush. Namun jika kamu ingin memakai spon, pastikan mengambil loose powder dengan hati-hati, agar tidak berceceran ke bajumu.

6. Ulaskan secara tipis blush on warna peach.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Fungsi memakai blush on adalah menampilkan kesan segar pada wajahmu. Untuk warnanya, pilihlah blush on dengan warna peach. Warna tersebut hampir selalu cocok di berbagai kulit. Blush on warna peach juga paling aman digunakan untuk remaja. Tipsnya hindari warna-warna gelap atau neon. Saat mengaplikasikannya ke wajah, baurkan dengan merata di area apple cheek. Jika kamu tidak tahu dimana area apple cheek tersebut, cobalah tersenyum dan lihat letak tonjolan pipimu. Bagian itulah yang disebut apple cheek. Namun jika kamu memiliki pipi chubby dan ingin menutupinya, gunakan blush on di bawah mata atau di atas tulang pipi.

7. Sisir alis dan isi bagian yang kosong dengan pensil alis.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Untuk tampilan natural, kamu tidak perlu membentuk dan membingkai alismu sampai tebal dan simetris. Cukup sisir bagian alismu agar terlihat lebih rapi. Jika ada bagian yang kosong, isilah tipis menggunakan pensil alis.

8. Gunakan eyeshadow warna cokelat terang di kelopak mata.

cara makeup natural istimewa

foto: freepik.com

Beralih pada riasan mata, pilihlah eyeshadow berwarna cokelat terang. Tidak perlu mengombinasikannya dengan warna lain, satu warna eyeshadow saja sudah cukup untuk menghidupkan matamu. Warna cokelat terang juga akan menunjukkan kesan dalam pada kelopak mata. Selain itu juga memberikan tampilan matamu menjadi lebih besar.

9. Lentikkan bulu matamu menggunakan maskara.

cara makeup natural istimewa

foto: pixabay.com

Selanjutnya lentikkan bulu matamu menggunakan maskara. Sapukan maskara mulai dari pangkal bulu dengan gerakan zig-zag dan arahkan naik. Selain melentikkan, maskara juga membuat bulu mata terlihat bervolume dan lebih tebal.

10. Lipstick warna nude.

cara makeup natural istimewa

foto: pixabay.com

Terakhir, berikan sentuhan warna nude pada bibirmu menggunakan lipstick. Oleskan penuh di permukaan bibir agar menyamakan warna bibir aslimu. Pemilihan lipstick warna nude bertujuan agar terlihat seperti bibir alami yang sehat.

Itu dia cara makeup natural untuk remaja. Bagi pemula, jangan ragu untuk mencoba.

reporter: mgg/deta jauda

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES