Brilio.net - Wregas Bhanuteja (23) mengentak dunia perfilman Tanah Air karena berhasil menyabet penghargaan bergengsi Festival Film Cannes 2016, di Prancis pada Mei 2016 lalu. Dia adalah sutrada pertama yang berhasil menang dalam ajang bergengsi itu. Dengan film pendek berjudul Prenjak (In The Year of Monkey), Wregas dan empat rekannya membawa pulang Leica Cine Discovery Prize untuk film pendek terbaik. Selain itu mereka berhak atas hadiah sebesar 4.000 Euro.

Prenjak yang berdurasi 12 menit tersebut adalah daur ulang karya lama Wregas saat semester 6 di Institut Kesenian Jakarta, yakni film pendek Ciblek berdurasi tiga menit. Dia memilih Prenjak, nama burung Jawa yang sukanya berkicau karena dianggap sesuai penggambaran untuk perjuangan perempuan dalam mendapatkan uang dengan menjual diri.

Mau tahu trailernya? Berikut videonya buat kamu:

Perjuangan Wregas terbayar karena selama ini dia sudah sering mengikuti festival film, baik dalam negeri maupun internasional. Sineas asal Yogyakarta ini pernah mengirim karyanya Lembusura (2014) ke Festival Film Berlin (2015), 39th Hong Kong International Film Festival (2015), Imagine Science Film Festival, New York (2015), dan Asian Film & Video Art Forum, Seoul – South Korea (2015). Kemudian karyanya Lemantun (2014) juga tampil di China's Asia MicroFilm Art Festival (2015) dan ternyata justru menang di XXI Short Film Festival (2015).

Cita-cita cowok satu ini dalam berkecimpung di dunia film sempat tak direstui orangtuanya. Namun semangat tanpa batas Wregas membuktikan dia bisa berhasil dengan bidang yang menjadi hobinya sejak SMA.

Wregas sudah #BikinKerenIndonesia, lho. Kamu kapan? Tenang aja, kamu bisa berkontribusi dalam bentuk menceritakan sosok-sosok inspiratif dan berprestasi sesuai bidangnya, lalu unggah beserta fotonya ke Instagram atau Twitter-mu. Info lebih lengkap bisa kamu cek di telkomsel.com/bikinkerenindonesia.