Brilio.net - Kualitas karya para desainer busana Indonesia semakin diakui dunia. Bahkan untuk fashion muslim, tampaknya impian menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia bukanlah angan-angan yang terlalu muluk-muluk. Terbukti, salah satu desainer muda Indonesia yang banyak berkarya pada busana muslim, Anniesa Hasibuan, berhasil menembus fashion dunia.

Anniesa dua kali berturut-turut mengikuti Couture Fashion Week New York pada tahun 2015 dan 2016. Bahkan, Anniesa berhasil menembus ajang fashion show bergengsi sejagat, New York Fashion Week (NYFW) 2016 pada September nanti.

Dia menjadi desainer hijab pertama Indonesia yang menembus New York Fashion Week 2016. Baginya, ini merupakan ajang yang tidak saja membawa brand miliknya, namun juga membawa nama Indonesia di kancah fashion internasional.

anniesa desainer Istimewa

Rancangan busana Anniesa dipamerkan di Los Angeles/foto:anniesahasibuan.com

Butuh kerja keras dan perjuangan yang cukup panjang bagi Anniesa untuk bisa menembus panggung New York Fashion Week. Bermula dari tingginya minat warga pada penjualan koleksi busanaanya di Indonesia Fashion Gallery di Soho, New York, pihak penyelenggara NYFW kemudian memasukkan rancangan Anniesa pada perhelatan tahun ini.

Tapi, bukan berarti jalan yang harus dilalui Anniesa cukup mudah. Dia harus menjalani berbagai rangkaian seleksi selama empat bulan sejak Februari, sehingga Anniesa harus bolak-balik Jakarta-New York.

Di NYFW yang bertema Spring/Summer 2017, Annisa akan membawa tema D'Jakarta pada busana yang dia tampilkan. Ada 48 koleksi yang dibawa, terdiri dari 38 koleksi busana siap pakai dan 10 gaun malam.

Dari rancangannya ini, Anniesa memadupadankan motif lurik dengan sentuhan desain yang lebih modern. Rancangannya semakin tampak mewah dengan aksesori kalung mutiara. Dalam pemilihan warna, Anniesa menonjolkan warna-warna khas Nusantara, seperti emas, hijau, dan peach.

Pencapaian Anniesa sebagai desainer kelas dunia ini tidak diraih dengan mudah. Wanita kelahiran Jakarta, 30 Juli 1986 itu awalnya tidak menekuni dunia yang membesarkan namanya ini. Bersama suami, Anniesa dulunya mendirikan agen perjalanan umrah pada 2012.

Aktivitas bisnisnya ini menuntut dirinya untuk lebih memperhatikan penampilan. Alhasil, mulailah dia secara otodidak merancang busana untuk mendukung penampilannya. Aktivitas merancang busana ini terus dia kembangkan sehingga Anniesa benar-benar menjadi perancang busana profesional. Dalam karyanya, Anniesa banyak memakai bahan sutra, brokat, beludru dan dipadukan dengan aksesori Kristal swarovsky.

Pada Mei 2014, dia menggelar peragaan busana rancangannya di Ritz Carlton Pacific Place, Sudirman, Jakarta. Kiprah Anniesa sebagai desainer mulai dikenal di kancah internasional sejak tampil dalam peragaan busana Ziryab Fashion Show-Kaftan Festival 2015 di Westfield, London, Inggris, pada Maret 2015. Keikutsertaannya di ajang NYFW 2016 ini adalah pencapaian baru baginya.

Pencapaian Anniesa ini sungguh #BikinKerenIndonesia. Kamu pun sebenarnya juga bisa berkarya dan #BikinKerenIndonesia sesuai bidang yang kamu tekuni. Selama mau bekerja keras dan semangat pantang menyerah, kamu pasti bisa. Bahkan, kalau beruntung kamu juga bisa mendapat hadiah. Simak caranya di tautan ini.