Brilio.net - Beberapa tahun lalu fenomena bayi lahir kembar siam sempat heboh di Indonesia. Salah satu yang menjadi banyak bahasan yaitu kisah Yuliana-Yuliani. Bayi asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang lahir pada tahun 1987 ini mengalami kondisi kepala dempet vertikal. Di dalam kedokteran, kembar ini diberi istilah kraniopagus.

Keduanya menjalani operasi di Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusomo, Jakarta pada usia dua bulan satu hari. Saat itu yang menangani operasi penting untuk kelangsungan hidup mereka ini adalah ahli bedah saraf Prof. dr. Padmasantjojo. Sebab memang pada saat itu belum banyak operasi kasus kembar siam yang berhasil dilakukan.

Keberhasilan Padmasantjojo dalam memisahkan Yuliana-Yuliani ini juga menjadi tonggak sejarah bidang kedokteran di Indonesia. Bukan hanya berhasil menyelamatkan bayi kembar ini saja, kabarnya dokter ini juga membiayai seluruh biaya operasi. Selain itu, Padmasantjojo ikut membantu dan memberi dana dukungan untuk keperluan pendidikan keduanya.

kabar terbaru yuliana-yuliani © Twitter/@Airin_NZ-foto: Twitter/@Airin_NZ

Setelah 32 tahun setelah operasi pemisahan bayi kembar ini, Yuliana-Yuliani kini tumbuh menjadi wanita dewasa yang cantik. Foto teranyar keduanya diposting oleh akun Twitter @Airin_NZ. Pada foto tersebut terlihat Keduanya berpose dengan senyuman lebar bersama dengan Padmasantjojo dan istrinya.

Loading...

Nggak cuma sekadar cantik, Yuliana dan Yuliani kini juga jadi wanita yang terbilang sukses. Menurut akun tersebut, Yuliani yang pada foto itu berdiri di sebelah kiri telah menjadi dokter dari Universitas Andalas (Unand), Padang. Sementara itu saudari kembarnya, Yuliana telah lulus dari program Doktor Ilmu Nutrisi dan Teknologi di Institut Pertanian Bogor.

Unggahan akun tersebut pun membuka memori warganet yang saat itu sudah mengikuti hebohnya kabar ini. Sebab memang meskipun internet belum digunakan masif seperti sekarang, kabar kembar siam ini viral dan diberitakan terus-terusan oleh media cetak dan televisi.

"Ini dua bayi yang dulu sangat mengebohkan...kebesaran Tuhan telah terjadi.mereka hebat dari lahir.dan hebat juga bapak dan ibu ini....luar biasa," tulis akun @ajisuryo2000.

"ini viral pd jamanku SD kelas 6 Rin,disiarin setiap hr,cantik2 & pinter2 rupanya mrka skrg ya Rin," ujar akun @mutasbaelah.

"Aku baca banyak cerita mereka, kakak punya koleksi cukup lengkap perjalanan keduanya," ungkap akun @DjanChoek.

RECOMMENDED BY EDITOR