Brilio.net - Keterbatasan yang ada lantas tak membatasi seseorang untuk berkarya. Seperti halnya yang dilakukan oleh pria asal Banyuwangi bernama Achmad Zulkarnain. Pria yang dikenal dengan sapaan Bang Dzoel ini mampu dikenal dunia lewat karya-karya fotografinya. Terlahir istimewa dengan tanpa kaki, nyatanya Bang Dzoel berhasil memukau mata dunia.

Dalam keseharian, Bang Dzoel dikenal bekerja di sebuah warung internet. Tak hanya itu, berprofesi dikenal pula sebagai fotografer. Ia memiliki ketertarikan dengan dunia fotografi yang dimulainya dari hobi. Bang Dzoel mengaku tak pernah menggunakan bantuan tripod dalam membidik objek.

Ketertarikannya dengan dunia foto, ia pun rela membeli kamera dengan kredit. Usai memiliki kameranya sendiri, Bang Dzoel mendalaminya secara otodidak. Meski tak memiliki jari seperti manusia lainnya, Bang Dzoel tetap bisa menggunakan kamera. Kamera yang digunakan pun seperti fotografer pada umumnya, yaitu kamera DSLR. Ia mengoperasikan kamera dengan tubuh yang ia miliki.

Dari belajar otodidak inilah, karya-karya mengagumkan muncul. Sosok Bang Dzoel ini pun semakin dikenal sebagai fotografer andal. Meski memiliki keterbatasan fisik, Bang Dzoel mampu menghasilkan karya-karya fotografi yang keren. Tak heran apabila media asing bernama Al Jazeera sampai mengulik profilnya secara khusus.

Dalam keseharian pria berusia 24 tahun ini melakukan aktivitas dengan menggunakan transportasi rancangannya sendiri. "Saya tidak ingin semua orang itu melihat fotografi itu bukan melihat saya, tapi melihat karya saya," ungkap Bang Dzoel yang dikutip dari Al Jazeera pada Senin (2/10).

Dalam perjalanan hidupnya, Bang Dzoel sempat diremehkan dan dipandang sebelah mata. Namun perlahan, ia membuktikan dengan karya-karyanya. Ia begitu menyukai dunia fotografi hingga begitu menyayangi kameranya. Salah satu momen berkesan adalah ia memotret Kawah Ijen di atas ketinggian 2800 meter dari permukaan laut. Selain jago fotografi, ternyata Bang Dzoel juga piawai memainkan alat musik keyboard. Ia pun berkeinginan untuk menamatkan pendidikan hukumnya.

Yuk intip karya fotografi dari Bang Dzoel yang keren abis dihimpun dari instagram pribadinya @bangdzoel_.

1. Bang Dzoel saat memotret. Ia tak pernah menggunakan bantuan tripod.

bang dzoel © 2017 brilio.net



2. Bang Dzoel memiliki pandangan, "jika seseorang itu menginginkan untuk menjadi yang terbaik, maka hapuslah pikiran bahwa kita adalah penyandang disabilitas. Untuk menjadi yang terbaik itu tidak harus sempurna."

bang dzoel © 2017 brilio.net



3. Berfoto bersama Danang.

bang dzoel © 2017 brilio.net



4. Instagram dijadikan galeri yang memajang hasil karyanya. Keren-keren lho! Nggak heran pengikutnya sampai 18 ribuan.

bang dzoel © 2017 brilio.net



5. Tak berpuas diri, Bang Dzoel selalu mencari ilmu baru dengan mengikuti kelas fotografi.

bang dzoel © 2017 brilio.net



6. Ia belajar langsung dari fotografer profesional Indonesia, Darwis Triadi.

bang dzoel © 2017 brilio.net



7. Karyanya keren kan.

bang dzoel © 2017 brilio.net



8. Tema prewedding nih.

bang dzoel © 2017 brilio.net



9. Ini alat transportasi yang digunakan dalam keseharian.

bang dzoel © 2017 brilio.net



10. Ternyata jago main alat musik juga.

bang dzoel © 2017 brilio.net

 

Berikut liputan tim Al Jazeera yang mengulik sosok Bang Dzoel di keseharian dilansir dari YouTube Al Jazeera English pada Senin (2/10).