Brilio.net - Kebudayaan mungkin memang produk masa lalu tapi nilai-nilai luhurnya berlaku sepanjang masa. Bahkan, meski perkembangan zaman begitu masif, kebudayaan Tanah Air harus terus dijaga sebagai warisan bangsa.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok anak muda berprestasi asal SMP Negeri 115 Jakarta. Mereka akan kembali mengharumkan nama Indonesia dan mengukir prestasi dalam Festival Nowy Sacz City di Polandia pada 22-30 Juli 2017 mendatang. Sebagai perwakilan Indonesia dalam acara yang diselenggarakan CIOFF® tersebut, para siswa SMP Negeri 115 akan berdampingan dengan tujuh negara lainnya. Negara-negara tersebut antara lain Russia, Ceko, Hungaria, Turki, Meksiko, India, dan pastinya, tuan rumah, Polandia.

CIOFF® sendiri merupakan organisasi non-profesi dan organisasi budaya internasional, sesuai pengertian yang ditentukan oleh UNESCO. CIOFF® bekerja sama dengan SMP Negeri 115 dalam menghidupkan budaya Indonesia di manca negara.

Pengiriman SMP Negeri 115 sebagai Duta Indonesia tahun 2017 ini merupakan pengiriman misi kesenian rakyat yang ke-11 mewakili Indonesia di Internasional Folklore Festival CIOFF – UNESCO. Bagi SMP Negeri 115 sendiri, tahun 2017 ini merupakan tahun ke-9 dalam berperan serta menjalankan misi budaya.

Secara spesifik, adanya festival ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi anak muda Indonesia dalam memperkenalkan budaya bangsa.

Dalam acara tersebut, grup tari dan musik perwakilan SMP Negeri 115 akan membawakan tarian-tarian di antaranya adalah tari Saman dari Aceh, Greget Jawara dari Betawi, tari Yapong dari Jawa Tengah, tari Genggong dari Jawa Timur, tari Piring dari Sumatera Barat, dan medley tarian Enggang & Balian Bawo dari Kalimantan. Para siswa sudah berlatih mulai dari nol dan kini siap menampilkan yang terbaik. Kunci mereka untuk menyukseskan misi budaya kali ini adalah disiplin dan dedikasi yang tinggi.

Sementara itu, pada hari Kamis (13/7) lalu, SMP Negeri 115 menggelar Pelepasan Duta Budaya Indonesia yang dihadiri segenap keluarga besar SMP Negeri 115, Duta Besar Polandia di Indonesia, juga perwakilan jajaran pemerintahan Republik Indonesia. Dalam rombongan SMP Negeri 115 yang berangkat ke Polandia nantinya, ada 24 siswa dan lima representatif.

Wah... semoga sukses menyertai Duta Muda Indonesia!