Brilio.net - Idealnya seorang chef harus memanfaatkan semua panca indera yang dimiliki, terutama lidah untuk merasakan kelezatan makanan. Selain itu, yang namanya indera penciuman juga gak kalah penting. Ini untuk mencium aroma. Sekitar 80% dari rasa makanan berasal dari aromanya.

Tapi berbeda dengan chef Adam Cole. Meski sudah lebih dari 10 tahun menjalani profesi juru masak, ia gak bisa mencium berbagai aroma masakan lho. Aneh ya? Bahkan selama 10 tahun terakhir ia menutupi keterbatasan dirinya itu.

Chef © 2016 brilio.net



Bukan bermaksud menyembunyikan kekurangannya. Cole khawatir jika orang tahu dia nggak bisa mencium aroma masakan, dia bakal sulit mendapatkan pekerjaan. Apa yang dialami Cole disebut sebagai penyakit anosmia. Biasanya orang-orang dengan kondisi ini tidak memiliki minat makan yang besar.

Dilansir Brilio.net dari Independent, Senin (24/10), meski dirinya terlahir dengan penciuman yang tidak sempurna, ia mampu menutupi kekurangannya dan membuktikan bahwa dirinya bisa melawan hal itu. Buktinya, ia berhasil  meraih Top Chef Michael Voltaggio and Spanish-American chef Jose Andres. Bahkan, sekarang ia menjabat sebagai Executive Chef dan Pitmaster di Maple Block Meat Co di Culver, California.

Chef © 2016 brilio.net



Awalnya Cole tetap ingin menutupi keterbatasannya itu, namun ada satu peristiwa yang mengharuskan dia membongkar bahwa dirinya memiliki kekurangan dalam indera penciuman. Cole terpaksa mengatakan, dirinya tak bisa mencium aroma saat terjadi masalah di mesin pengepakan daging di dapur Voltaggio.

“Itu satu poin yang membuat saya terpaksa mengungkapkan kondisi ini. Sebab, ada beberapa tulang iga yang busuk dan beberapa yang tidak. Salah satu cara mengetahuinya dengan cara menciumnya. Dan saya gak bisa melakukan itu,” katanya.

Chef © 2016 brilio.net



Maklum, di restoran tempatnya bekerja, masakan berbahan tulang iga wagyu cukup mahal. Gara-gara hal itu pernah suatu waktu dia menyajikan menu olahan tulang iga dengan rasa yang tidak enak. Ini diakibatkan kondisi bahan baku yang kurang baik.

Ternyata, Cole bukan satu-satunya chef yang memiliki keterbatasan dalam indera penciuman. Ada juga Hibah Achatz, salah satu chef yang telah didiagnosis kanker lidah stadium 4 pada tahun 2007. Meski didera keterbatasan, bukan berarti karier Cole berakhir, ia masih terus berkarya untuk menghidangkan sajian terbaik kepada para pelanggan.