Brilio.net - Menjadi tuna netra bukan menjadi halangan untuk anak muda ini melakukan aksi ekstrem. Itulah yang dilakukan Dan Mancina, skateboarder yang menderita retinitis pigmentosa, penyakit mata keturunan.

Penyakit ini pada akhirnya akan menyebabkan dia buta total. Meski begitu, Mancina nggak pernah patah semangat untuk terus bermain skateboard. Penglihatan Mancina mulai memudar saat dirinya berusia 13 tahun.

skateboarder buta © 2017 brilio.net-foto: Shawn Bush/Jenkem Magazine

Dalam lima tahun terakhir, kondisi penglihatannya terus menurun. Hingga pada akhirnya tahun lalu daya penglihatannya hanya tinggal 5% saja di mata kanannya. Sekarang malah ia buta sama sekali.

Saat masih melihat, Mancina sering beraksi kickflips, fakies dan trik lainnya. Sekarang ia tetap berusaha untuk bisa melakukan berbagai trik tersebut. Cuma bedanya ia menggunakan tongkat dan alat bantu bunyi yang diletakkan pada sebuah objek. Hal ini memungkinkan ia bisa tahu seberapa dekat dengan objek tersebut sebelum melakukan lompatan.

Loading...

skateboarder buta © 2017 brilio.net-foto: Shawn Bush/Jenkem Magazine

“Saya mendapat inspirasi satu hari dan membuat sebuah kotak, maka saya bisa melakukan trik seperti yang pernah saya lakukan dulu,” ujar Mancina kepada Jenkem Magazine baru-baru ini.

Mancina mengatakan ia nggak pernah memikirkan kondisinya yang benar-benar buta. Yang jelas ia ingin terus bermain skateboard dan menjalani hidupnya.

skateboarder buta © 2017 brilio.net-foto: Shawn Bush/Jenkem Magazine

“Saya hanya ingin terus melakukan apa yang ingin saya lakukan,” katanya.

Aksi Dan Mancina saat bermain skateboard bikin kagum.

RECOMMENDED BY EDITOR