Brilio.net - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho belakangan menjadi sorotan publik. Pasalnya, pria 48 tahun yang juga penyintas kanker paru-paru stadium 4B ini mengungkap bahwa dirinya adalah  penggemar Raisa Andriana. Bahkan, warganet berbondong-bondong memberikan dukungan untuk kedua sosok inspiratif tersebut agar segera bertemu melalui tagar #RaisaMeetSutopo.

Terlepas dari itu, Sutopo sejatinya sosok yang selalu sigap dalam memberikan informasi terkini seputar bencana alam yang terjadi di Indonesia. Sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo kerap dijadikan rujukan pertama untuk memperoleh informasi terkini seputar bencana. Sutopo yang juga menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) BNPB ini dikenal sebagai pejabat publik yang memiliki dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Setelah divonis mengidap penyakit serius, Sutopo tetap bersemangat untuk memberikan informasi soal bencana di Tanah Air hingga terjun ke lapangan secara langsung. Sutopo sendiri berharap agar semangatnya bisa menular ke jajaran PNS lain, yakni memiliki keinginan kuat untuk mengabdi pada masyarakat.

Harapan Sutopo dituliskannya melalui akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN seperti dilansir brilio.net Jumat (5/10). Dengan cuitannya, Sutopo ingin menghilangkan stigma yang menyebut bahwa PNS itu malas-malas.

Harapan dan semangat yang dicurahkan Sutopo ini mendapat respon positif dari putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka. Melalui akun Twitter-nya, Gibran mengomentari cuitan Sutopo dengan kata penyemangat.

Gibran menyebut bahwa Sutopo merupakan sosok yang patut untuk diteladani oleh masyarakat terutama PNS di Tanah Air. Sementara itu, Sutopo juga mendapat ucapan semangat secara langsung dari Jokowi.

Dalam kesempatan pertemuannya dengan Presiden Jokowi, Sutopo mengunggah video singkat yang menunjukkan bahwa dirinya mendapat ucapan semanhat dari orang nomor satu di Indonesia tersebut. Dirinyapun mengungkapkan rasa bahagianya bisa bertemu dengan idolanya tersebut.

"Bahagianya saya bisa berjabat tangan dengan Presiden Jokowi. Berkali-kali saya ingin salaman dengan Presiden saat Presiden berkunjung ke tempat bencana. Tapi tak pernah bisa. Akhirnya terwujud hari ini. Terima kasih teman-teman media. Semoga ini menjadi penyemangat hidup saya.," tulis Sutopo dalam cuitannya.

RECOMMENDED BY EDITOR