Brilio.net - Sebagai Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani memang memiliki jadwal yang sangat padat. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut harus mengurusi anggaran negara. Nggak cuma itu, ia juga kerap mendapat banyak undangan mengisi acara, salah satunya baru-baru ini mengisi kuliah umum di Cornell University Amerika Serikat (AS).

Beberapa waktu lalu, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi di Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Nufransa Wira Sakti mengunggah foto Sri Mulyani dalam perjalanan ke Amerika Serikat. Melalui akun Facebook Nufransa Wira Sakti, Nufransa menjelaskan aktivitas Sri Mulyani. Ia mengatakan bahwa Sri Mulyani tengah mempersiapkan materi untuk mengisi kuliah umum. Berikut penjelasannya.

 "Dalam setiap kegiatan, sudah menjadi kebiasaan Menkeu Sri Mulyani Indrawati untuk melakukan pengecekan terhadap berbagai kesiapannya, termasuk bila ada speech/pidato/kuliah/seminar yang harus beliau sampaikan.

Yang selalu menjadi perhatian beliau adalah agar dalam setiap hal yang disampaikan selalu connect dengan para audience/hadirin. Ini tentu saja perlu disiapkan dengan matang, karena walaupun acaranya bersifat nasional atau internasional, berbagai data dan informasi lokal juga harus ditampilkan.

Hari Rabu 10 April 2019, Menkeu SMI memberikan kuliah di Cornell University dengan topik “Industry 4.0 and Human Capital Development". Dalam perjalanan pesawat dari New York menuju Syracuse, beliau sempat memeriksa ulang dan melakukan finalisasi bahan yang akan disampaikan dalam kuliah umum tersebut. Adalah hal yang biasa bagi Tim Kementerian Keuangan menerima perubahan pada menit-menit terakhir dari finalisasi akhir yang beliau berikan.

Hasilnya? Para mahasiswa yang hadir banyak yang antusias untuk mendengarkan dan bertanya baik selama kuliah umum maupun setelah selesai. Pernyataan luar biasa disampaikan oleh faculty member yang menjadi koordinator acara tersebut. Mereka menyampaikan kepada kami bahwa yang disampaikan oleh Menkeu SMI yang luar biasa dan memperlihatkan pengalaman beliau yang andal secara teori dan praktek. Disampaikan juga bahwa sangat jarang seorang pembicara di Cornell University yang menyampaikan suatu pengambilan kebijakan berdasarkan pertimbangan praktis, akademik dan juga politik. Suatu kebanggaan bagi kami yang mempunyai Menteri seperti beliau.

Ithaca, 11 April 2019," tulis Nufransa seperti dikutip brilio.net, Selasa (16/4).

Dalam foto yang diunggah Nufransa, Sri Mulyani tampak duduk di sebuah pesawat kelas ekonomi. Foto tersebut lantas viral dan membuat warganet salut. Banyak yang memuji kesederhanaan Sri Mulyani yakni naik pesawat kelas ekonomi ke Amerika Serikat.

"Sekelas ibu mentri gak pake first class??
Aaaahh aku senang melihatnya, lagi2 aku py mentri yg py kesamaan dgn rakyat kebanyakan," ujar akun Facebook Fatimah Zahra.

"Wah....ibu di kelas Ekonomi? Kagum saya," kata akun Facebook Agustini Tridasanti .

"Salut buat Bu Sri, tugas di luar negri duduk di ekonomi. Semoga selalu sehat dan semangat," komentar akun Facebook Mey Hasibuan.