Brilio.net - Kabar duka datang dari Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustaz Muhammad Arifin Ilham. Setelah beberapa kali dirawat karena menderita penyakit kanker kelenjar getah bening, Ustaz Arifin mengembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (22/5) tengah malam saat menjalani perawatan di rumah sakit di Malaysia.

Menurut salah satu kerabat mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil, meskipun menderita sakit kanker, namun Ustaz Arifin selalu tampak gembira.

"Tak pernah menampakkan sakitnya. Jadi selalu gembira, terutama pada umat. Beliau selalu menyampaikan adab dalam beribadah dan mengamalkan surat-surat rutin seperti biasa," ujarnya di kediaman almarhum, Majelis Az-Zikra Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/) dini hari seperti dikutip Antara.

Menurut Kholil, di masa-masa terakhirnya, Ustadz Arifin Ilham bahkan sempat menyampaikan beberapa wasiat, salah satunya yaitu mengenai permintaan tempat disalatkan dan dimakamkannya ketika Pimpinan Majelis Az-Zikra itu meninggal dunia.

"Beliau beramanat ingin disalatkan di Az-Zikra Sentul, setelah itu disalatkan juga di Az-Zikra Gunung Sindur, lalu dimakamkan di sana (Gunung Sindur)," kata Kholil.

Loading...

Kholil mengatakan, Ustaz Arifin berangkat ke Penang Malaysia untuk menjalani pengobatan pada 15 April 2019. Diberitakan sebelumnya, Kholil menyebutkan bahwa Ustadz Arifin sempat melewati masa kritisnya setelah masuk ruang Intensive Care Unit (ICU) dini hari waktu setempat pada Selasa (21/5/2019). Namun, kondisi Ustaz Arifin kembali kritis sejak Rabu sore, berlanjut dengan menghembuskan nafas terakhir pada Rabu malam.

RECOMMENDED BY EDITOR