Brilio.net - Indonesia bukan hanya terkenal sebagai negara yang elok dari sudut pandang pariwisatanya dan kekayaan sumber daya alamnya. Tetapi, sumber daya manusia Indonesia juga berhasil menembus persaingan dunia berkat prestasinya, dari bidang olahraga, musik, hingga dunia fashion.

Kalau selama ini kamu sering mendengar nama Dian Pelangi yang tersohor dengan koleksi busana muslimahnya yang glamor, maka kamu harus tahu sederet nama desainer asli Indonesia yang menyita perhatian dunia. Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Senin (7/3), berikut para desainer tersebut.

1. Irma Hardjakusumah (39) - desainer ruang Oscar, Governors Ball 2016.


foto: twitter.com/IHardjakusumah

2. Didiet Maulana (36) - perancang tas hadiah Grammy Awards 2016.


foto: instagram.com/didietmaulana

3. Yosep Sinudarsono (23) - pemilik brand fashion Lotuz yang dikenakan Marlin Akerman & Terri Seymour dalam Golden Globe Awards 2015.


foto: instagram.com/yosepsinudarsono

4. Tex Saverio (32) - perancang gaun Katniss dalam film 'The Hunger Games: Catching Fire', Lady Gaga dalam Harper's Bazaar 2011, dan Kim Kardashian dalam March issue of Elle 2013.


foto: instagram.com/texsaverio

5. Peggy Hartanto (28) - perancang gaun lulusan sekolah fashion Raffles Sydney, Australia yang koleksinya pernah dipakai Lucy Hale dan Bella Thorne.


foto: instagram.com/peggyhartanto

6. Farah Angsana (45) - perancang yang sering tampil di  New York Fashion Week, dan jadi langganan kalangan sosialitas seperti Carrie Underwood, Alicia Silverstone, dan Blake Lively.


foto: twitter.com/FarahAngsana

7. Didit Hediprasetyo (32) - desainer perancang interior BMW Individual Series 7 pada (2012) dan pakaian Carly Rae Jaepsen, dalam MTV Video Music Awards Jepang (2013).


foto: Instagram @callaparis/aia

8. Nancy Go (53) - perancang tas dan founder Bagteria langganan Anggun, Emma Thompson, dan Paris Hilton.


foto: forbesindonesia.com

9. Fahrani Empel (32) - perancang kacamata dengan label 'Cast Eyewear' yang digunakan oleh Lady Gaga.


foto: thewildmagazine.com

10. Sabbatha Rahzuardi (39) - desainer tas dari material kulit dan berhiaskan bebatuan alam Indonesia yang pernah dipakai Katie Holmes dan Julia Roberts.


foto: instagram.com/sabbatha

ADA JUGA PERANCANG BUSANA FIDEL CASTRO DAN BILL CLINTON. SIAPA DIA? KLIK NEXT UNTUK JAWABANNYA

2 dari 2 halaman



11. Harry Darsono (64) - desainer yang merancang kostum panggung kelas dunia seperti Julius Caesar, Madame Butterfly karya Puccini, Halmet dan Othello, King Lear dan Romeo dan Juliet karya William Shakespeare.


foto: profil.merdeka.com

12. Adjie Notonegoro (55) - perancang busana yang karyanya pernah digunakan beberapa kepala negara mulai dari Gus Dur (Abdurahman Wahid), Bill Clinton, hingga Fidel Castro.


foto: kapanlagi.com

13. Arantxa Adi (38) - salah satu desainer Indonesia perancang jins premium merek internasional, Citizens of Humanity.


foto: instagram.com/arantxaadi

14. Harry Halim (32) - desainer asal Pontianak, Kalimantan Barat, yang meraih Best Asian Designer of the Year dalam Asian Young Fashion Designers yang diadakan Daab sekitar tahun 2006.


foto: instagram.com/harryhalim

15. Ghea S Panggabean (61) - perancang yang khas dengan nuansa etnik Indonesia peraih apresiasi Aparel Award sebagai Indonesia's Best Ready to Wear Designers 1987.


foto: video.kapanlagi.com

16. Biyan Wanaatmadja (62) - desainer asli Surabaya yang karyanya pernah digunakan bintang 'Gossip Girl' Kelly Rutherford.


foto: vemale.com

17. Rinda Salmun (26) - desainer lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) peraih 'Face of Jade' yang diselenggarakan oleh Acer Liquid Jade sekaligus pernah berpartisipasi di London Fashion Week 2010 dalam show Fashion Maverick.


foto: instagram.com/rindasalmun

18.  Ardistia Dwiasri (37) - desainer founder brand Ardistia New York yang karyanya sering menghiasi majalah fashion premium seperti Vogue, Bazaar, Cosmopolitan, sampai New York Times.


foto: instagram.com/ardistianewyork

19. Auguste Soesastro (34) - perancang busana Indonesia yang  bekerja bersama Ralph Rucci, sebelum meluncurkan koleksi perdananya di New York Fashion Week pada 2009.


foto: globalindonesianvoices.com

20. Iwan Tirta (81, meninggal dunia tahun 2010) - desainer batik Indonesia yang karyanya pernah dipakai Nelson Mandela dari Afrika Selatan, Ratu Elizabeth II dari Inggris, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda, Bill Clinton dari Amerika Serikat, dan pernah merancang busana batik peserta Konferensi Asia Pasifik di Jakarta tahun 1994.


foto: kapanlagi.com