Brilio.net - Apa yang kamu lakukan dan rasakan ketika terjadi kondisi darurat didalam pesawat saat pesawat sedang mengudara? Deg-degan? Kaget? Berasa berada di film action? Haru? Iya haru, karena kejadian yang baru terjadi tanggal 30 Juli kemarin ini mengisahkan situasi gawat darurat di dalam pesawat yang ditangani langsung oleh penumpang berprofesi dokter. Berasa di film, kan?

Dilansir brilio.net dari pemilik akun Facebook Yulianus Ladung, Kamis (3/8), seorang penumpang pesawat komersial dari Balikpapan tujuan Jakarta mengalami kondisi gawat darurat yang memerlukan penanganan dokter sesegera mungkin. Beruntung baginya, ada penumpang lain yang kebetulan berprofesi sebagai dokter dan bukan hanya satu tapi lima orang.

Menurut postingan yang diunggah Minggu (30/7) ini, kejadian terjadi ketika pesawat masih berada di udara tepatnya setengah jam sebelum proses mendarat. Dia menuturkan bahwa ketika kejadian awak kabin melalui intercom mengumumkan bahwa bila ada di antara para penumpang yang berprofesi sebagai Dokter atau Perawat diminta segera ke bagian belakang kabin.

Penumpang Gawat © 2017 brilio.net

Penumpang Gawat © 2017 brilio.net


Dari video yang dibagikan, tampak seorang dokter yang dipanggil Dokter Pardede, memberikan arahan kepada para dokter dan awak pesawat yang ikut membantu. Para penumpang pesawat yang lain pun terlihat ikut membantu dengan tidak membuat kegaduhan.

Penumpang Gawat © 2017 brilio.net


Belum ada penjelasan terkait penyakit yang diderita selain keterangan bahwa penumpang tersebut terjatuh ketika sedang menuju ke toilet. Namun di dalam video terlihat penumpang sedang tidak sadarkan diri dan diberikan oksigen bantuan.

"Puji Tuhan penumpang yang sakit itu bisa tertolong serta seluruh penumpang dapat tiba dengan selamat di Jakarta," pungkasnya.

Penumpang Gawat © 2017 brilio.net


Sampai saat ini, postingan akun Yulianus Ladung telah disukai lebih dari 9.000 kali dan dibagikan lebih dari 3.000 kali. Banyak netizen yang ikut terharu dengan kejadian ini. Akun Hudo Marsanto menulis, "Kerjasama yg baik ciri2x orang Indonesia banget tuh.. Salut..". Pemilik akun U Ernita juga menuliskan, "Alhamdulilah...mudah2an bagi para penumpang dimanapun berada di lindungi oleh Allah swt....Amin."

Berikut video yang sempat diambil saat kejadian.