Brilio.net - Vishal Anand meski terlahir dengan kondisi autis, ia bisa membuktikan kemampuannya yang diatas rata-rata. Pada usia 6 tahun ia sudah menerbitkan sebuah buku berjudul Meadow of Moods, dua tahun kemudian ia menerbitkan buku lagi berjudul Jumbo's Bag – words and phrases. Buku tersebut bercerita tentang anak-anak berkebutuhan khusus dan tantangan dunia mereka.

Tak puas dengan hanya menulis buku, tahun 2014 lalu ia merilis CD musik, dimana lirik lagunya ia tulis sendiri, bahkan ia sendiri yang mengaransemennya. Lirik lagu di album tersebut sudah digubah ke dalam 4 bahasa, yakni Tamil, Sansekerta, Braj Basha dan Malayalam.

Dilansir brilio.net dari thehindu.com, Jumat (8/7), ketertarikan Vishal terhadap menulis bermula dari ketika ia dan ibunya pergi ke Bangalore untuk menghadiri sebuah konferensi bertema Autisme. Di sana ia melihat sebuah buku yang ditulis orang berusia 36 tahun yang juga memiliki kondisi autis. Ia kemudian berkata kepada ibunya, "Amma (ibu), saya ingin menulis buku".

Vishal Anand © 2016 brilio.net

Selain karena karyanya ia dikenal juga karena kecerdasannya. Meski sejak kecil ia bersekolah di sekolah khusus untuk anak-anak autis, dimana di sana ia lebih banyak diajarkan tentang cara dan etika bersosialisasi daripada pelajaran akademik.

Tapi menurut ibunya, ia paling menyukai Fisika. Ia pernah dengan antusias membicarakan topik energi nuklir, cara membuat sumber daya dari material organik, juga tentang rencana traveling ke Mars.

Mythily Chari, founder Institut for Remedial Intervention Services, bahkan memanggilnya "walking Wikipedia".