Brilio.net - Tiap harinya, setiap orang pasti akan menghasilkan sampah yang tak sedikit. Mulai dari sampah makanan hingga berbagai produk yang ia gunakan. Tapi dari banyak sampah itu, pernahkah terpikir apa yang akan diperbuat? Pasti kebanyakan akan langsung membuangnya hingga akhirnya sampai ke tempat pembuangan akhir.

Tapi apa yang dilakukan seorang pria asal New York ini sungguh unik. Rob Greenfield, yang juga seorang aktivis ini berjanji akan memakai semua sampahnya yang dihasilkan selama satu bulan untuk menunjukkan seberapa banyak sampah yang dihasilkan dalam satu bulan. Maka saat ia pergi, ada banyak plastik berisi sampah yang tertempel di tubuhnya.

pria sampah Rob Greenfield © 2016 brilio.net

Rob tidak membuang berbagai sampah yang ia hasilkan ke tempat sampah. Ia membuang sampah McDonald, cup Starbucks, dan sampah-sampah lainnya itu ke tempat sampah yang ia buat sendiri dari plastik.

"Banyak orang yang tak menyadari seberapa banyak limbah yang mereka hasilkan. Ini menjadi cara untuk menunjukkan seberapa banyak sampah yang dihasilkan setiap orang dalam satu bulannya," ungkap Rob kepada USA Today seperti dilansir brilio.net dari Mirror, Senin (3/10).

Loading...

pria sampah Rob Greenfield © 2016 brilio.net

Hingga hari ke-14, sudah terkumpul 30 pon atau sekitar 13,6 kg sampah. Ia memperkirakan akan terkumpul sekitar 135 pon atau sekitar 61 kg pada hai ke-30.

Respons masyarakat hingga saat ini juga sudah cukup baik. Banyak orang yang penasaran dengan apa yang ia lakukan, kemudian terjadilah interaksi dan mengambil gambarnya untuk dibagikan ke media sosial.

pria sampah Rob Greenfield © 2016 brilio.net

"Saya ingin orang-orang bisa sadar dengan apa saja sampah yang telah ia hasilkan dan seberapa banyak sampah itu dalam satu bulan," terangnya.

Menurut Environmental Protection Agency, setiap orang di Amerika rata-rata menghasilkan sampah sekitar 2 kg setiap harinya. Sementara di Inggris, disebutkan jika sampah yang dihasilkan dalam tujuh minggu setara dengan berat badan orang itu sendiri.

Nggak pernah terbayang sebelumnya kan, kalau sampah yang kita hasilkan bisa sebanyak itu?

RECOMMENDED BY EDITOR