Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Sosok
Farika Maula (brl/lea)

04 Juli 2019 16:32

Potret lawas masa muda 7 ibu negara, bukti pesonanya tak luntur

Banyak yang penasaran bagaimana potret masa muda para ibu negara ini. .

Potret lawas masa muda 7 ibu negara, bukti pesonanya tak luntur

View Image



Brilio.net - Sosok ibu negara tak sekadar mendampingi orang nomor satu sebuah negara. Perannya besar, dia disorot begitu rupa dalam setiap aktivitas kenegaraan. Gaya berbusana mereka tak luput dari pujian serta hantaman kritik.

Publik rupanya tidak tutup mata untuk menilai gaya berbusana pendamping presiden paling setia. Segala sesuatu yang dikenakan para ibu negara ini pastinya selalu menjadi kiblat fashion para masyarakatnya. Tak hanya tentang gaya fashionnya, para ibu negara ini juga dikenal dengan aura keibuannya.

Dari masa ke masa sosok ibu negara ini pastinya akan selalu dikenang oleh para rakyatnya. Mulai dari era Soekarno hingga era Joko Widodo. Kehadiran mereka di Tanah Air pastinya menjadi warna tersendiri. Tak kenal lelah, wanita-wanita tangguh ini selalu siap melayani dan mendamping sang suami dalam menjalankan tugasnya.

Sebelum menjadi ibu negara, masing-masing dari mereka memiliki masa lalu. Sehingga tak heran jika banyak yang penasaran bagaimana potret masa muda mereka.

Nah untuk kalian yang penasaran dengan potret lawas masa muda ibu negara dari masa ke masa, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/7).

Loading...

1. Fatmawati.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Fatmawati dan Soekarno menikah pada 1 Juni 1943 kala Soekarno diasingkan ke provinsi Bengkulu. Pernikahan ini berlangsung setelah Soekarno bercerai dengan istri keduanya, Inggit Garnasih.

Pernikahan Soekarno dengan Fatmawati ini dikaruniai 5 orang anak, yakni Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra. Setelah Indonesia merdeka, Fatmawati menjadi ibu negara yang menjahit bendera pusaka Merah Putih.

2. Siti Hartinah.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: id.wikipedia.org

Raden Ayu Siti Hartinah atau akrab dipanggil dengan ibu Tien ini lahir pada 23 Agustus 1923 di desa Jaten, Surakarta, Jawa Tengah. Pertemuan ibu Tien dengan Soeharto diawali dari sebuah perjodohan keluarga. Dari pernikahannya tersebut, mereka dikaruniai enam orang buah hati.

Yaitu Siti Hardiyanti Rukmana, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi, Hutomo Mandala Putra, dan Siti Hutami Endang Adiningsih. Ibu Tien sangat setia mendampingi Soeharto baik ketika masih menjadi prajurit hingga menjadi presiden selama tiga dasa warsa.

Keduanya menikah pada Minggu 26 Desember 1947. Hingga akhirnya Pak Harto lengser dua tahun setelah meninggalnya Ibu Tien, tepat 20 tahun lalu dari hari ini, yaitu pada 28 April 1996.

3. Hasri Ainun Besari.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: id.wikipedia.org

Ibu negara yang satu ini memiliki kisah cinta yang paling populer di Indonesia. Saking populernya, kisah cinta Ainun dengan Habibie sampai diabadikan ke dalam sebuah film layar lebar berjudul Habibie Ainun.

Habibie dan Ainun menikah pada 12 Mei 1962. Pernikahan keduanya dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

4. Sinta Nuriyah.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: id.wikipedia.org

Sinta Nuriyah dapat bertemu dengan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) lewat perantara orang ketiga, yakni Paman Gus Dur, Kiai Fatah. Namun, satu nasehat dari pamannya tersebut yang telah membuat hidup Gus Dur berubah terutama pandangannya tetang cinta.

Sinta Nuriyah diwanti-wanti oleh pamannya agar menikah lebih dahulu. Saat itulah, Sinta Nuriyah diperkenalkan kepada Gus Dur. Waktu itu, Gus Dur berniat melanjutkan studinya ke Kairo, Mesir. Gus Dur dan Sinta Nuriyah menikah pada 11 September 1971.

Dari pernikahannya tersebut Gus Dur dan Sinta dikaruniai empat putri, yaitu Yenny Wahid, Alissa Wahid, Anita Hayatunnufus dan Inayah Wulandari.

5. Megawati Soekarno Putri.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Megawati Soekarnoputri merupakan tokoh sentral di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) sejak 1999 hingga saat ini. Putri Presiden Soekarno itu juga merupakan Wakil Presiden sejak 1999-2001, kemudian menjadi presiden menggantikan KH. Abdurrahman Wahid pada 2001-2004. Potret masa muda mantan ibu negara ini pun membuat banyak orang pangling.

Sebelumnya diketahui bahwa Megawati ditinggal Letnan (Penerbang) Surindro Suprijarso yang wafat akibat kecelakaan pesawat di sekitar Pulau Biak, Papua. Pada akhirnya ia bertemu dengan Taufiq Kiemas dan menikah untuk kedua kalinya.

Megawati memasuki pernikahan keduanya itu dengan membawa dua putra dari Surindro Suprijarso, yakni Mohammad Rizki Pratama (Tamtam) dan Mohammad Prananda (Nanan). Kemudian sekitar setahun setelah menikah, yaitu pada tahun 1974, Taufiq dan Megawati dianugerahi seorang puteri, Puan Maharani. Kepada ketiga anaknya, Taufiq tak membeda-bedakan kasih sayangnya.

6. Kristiani Herrawati.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Kristiani Herrawati atau yang lebih dikenal dengan nama Ani Yudhono adalah sosok ibu negara yang selanjutnya. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati pertama kali bertemu di awal tahun 1973 di Magelang, Jawa Tengah.

Keduanya bertemu di lingkungan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Keduanya sama-sama jatuh cinta pada pandangan pertama. Tidak tahu siapa yang memulai lebih dulu, SBY dan Ani pun menjadi sepasang kekasih.

SBY dan Ani menikah pada 30 Juli 1976. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai dua orang anak yakni Agus Harimukti Yudhono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

7. Iriana Jokowi.

Potret lawas masa muda ibu negara © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Inilah sosok wanita yang sekarang tengah menjadi ibu negara Republik Indonesia. Iriana menikah dengan Joko Widodo pada 24 Desember 1986. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai tiga orang anak. Yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Ibu Negara Iriana Jokowi Ani Yudhoyono Megawati Soekarno Putri Sosok Penting Sosok Inspiratif
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE