Brilio.net - Hal yang berbau potret tentang Bung Karno memang selalu menarik perhatian, karena kita tahu sekali bahwa Bung Karno adalah salah satu sosok presiden sekaligus pahlawan yang membawa kemerdekaan bagi Indonesia. Baru-baru ini viral sebuah foto yang sangat langka, yaitu foto mantan Presiden pertama Indonesia, Bung Karno dengan sang ibu.

potret langka bung karno dengan sang ibu Berbagai sumber


foto: merdeka.com/Imam Mubarok

Dilansir brilio.net dari akun Instagram Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau yang lebih dikenal dengan Bamsoet pada Selasa (8/6),  foto langka momen Bung Karo yang sedang berbincang dengan sang ibu ramai di media sosial, setelah diunggah oleh sang ketua MPR. 

Foto ini ramai di media sosial, karena memang foto seperti ini hampir belum pernah tersebar di media sosial. Dalam potret itu tampak Bung Karno sedang berbincang dengan sang ibu sambil memegang sang ibu yang tampak sudah cukup tua.

potret langka bung karno dengan sang ibu Berbagai sumber


foto: Instagram/@bambang.soesatyo

Bung Karno sendiri adalah sosok ang dikenal sangat menghargai sang ibu. Bahkan Bung Karno juga memberi titel bagi sang ibu, yaitu Ida Ayu.

Perlu diketahui, nama lahir sang ibu sebelum diberi gelar adalah Nyoman Rai Srimben, dan jadi Ida Ayu Nyoman Rai Srimben setelah disematkan gelar oleh Bung Karno.

potret langka bung karno dengan sang ibu Berbagai sumber


foto: Instagram/@bambang.soesatyo

"Sang proklamatorlah yang menambahkan gelar Ida Ayu, titel bagi wanita Brahmana Bali, di depan nama ibunya yang terlahir sebagai Nyoman Srimben karena bagi beliau ibunya adalah seorang yang terhormat dan sama stratanya dengan kelas Brahmana dalam sistem sosial Bali masa itu," tulis sang Ketua MPR di caption fotonya.