Brilio.net - Kontes kecantikan di dunia, selalu identik dengan wanita berparas cantik dan otak cemerlang. Meraka dikumpulkan dan dikarantina dalam jangka waktu tertentu untuk mengikuti kontes ini. Nantinya, mereka akan bertarung di panggung dengan berbagai argumentasi untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh juri.

Biasanya para wanita cantik ini akan memperlihatkan bagaimana cerdasnya mereka menjawab pertanyaan diikuti dengan tingkah laku yang baik. Seperti semboyan dalam kontes kecantikan yakni 3B (brain, beauty and behavior) yang selalu menjadi tolok ukur.

Wanita-wanita cantik ini merupakan perwakilan dari setiap negara yang ikut berpartisipasi. Tugas sang juara adalah ikut aktif dalam kegiatan sosial di dunia. Nah, untuk menjadi kontestan di kontes kecantikan, banyak syarat yang harus dipenuhi. Selain badan yang aduhai juga harus memiliki otak nan cemerlang.

Namun ada kabar baik datang dari kontes kecantikan di Australia. Pemilihan Miss World Australia ternyata ingin memberikan kesempatan kepada wanita mana saja ikut berpartisipasi dalam acara ini. Tak terkecuali Justine Clarke, wanita berusia 26 tahun yang menjadi kontestan berkursi roda untuk pertama kali.

kontestan miss world pakai kursi roda  © 2017 berbagai sumber

foto: instagram.com/andy.lew

Alasan Justine untuk tetap mengikuti ajang ini sangat mulia. Ia ingin menginspirasi wanita muda yang memiliki keterbatasan seperti dirinya dengan keberanian, kemauan dan tekat yang kuat.

"Aku ingin catwalk menjadi pengalaman diperhitungkan dan adil bagi siapa saja," ungkap Justine sebagaimana brilio.net kutip dari The Advertiser, Kamis (13/4).

Justine sudah menggunakan kursi roda selama dua tahun terakhir dan ia tak menyangka keterbatasannya itu mengubah hidupnya.

kontestan miss world pakai kursi roda  © 2017 berbagai sumber

foto: dailymail.co.uk

Direktur Miss World, Deborah Miller juga mengatakan kalau keterlibatan Justine Clark di kontes ini menunjukkan kalau kecantikan datang dalam segala bentuk.

"Aku ingin menjadi role model dan memberdayakan perempuan muda," tambah Justine.

kontestan miss world pakai kursi roda  © 2017 berbagai sumber

foto: adelaidenow.com.au

Meskipun Justine gagal ke babak selanjutnya, ia malah mendapatkan kesempatan lainnya. Justine mendapatkan gelar Duta Amal bersama dua kontestan lainnya yakni Elise Howard dan Aishah Stocker.

Berikut video saat Justine Clark sedang dikarantina dalam kontes Miss World Australia yang brilio.net kutip dari akun Instagram @missworldaustralia, Kamis (13/4):