Brilio.net - Sosok Komjen Pol (Purn) Anton Bachrul Alam mungkin tak lekang di ingatan publik. Kala menjabat sebagai Kapolda Jatim tahun 2009, sosoknya viral terkait kebijakan mengimbau para polwan untuk memakai jilbab. Pada saat itu, Anton menegaskan bahwa pemakaian jilbab untuk polwan adalah bentuk penyegaran untuk Polri dalam bertugas.

Lama tak terdengar kabarnya, belakangan ini, media sosial dikejutkan dengan kabar terbaru Anton Bachrul Alam. Purnawirawan polisi yang terakhir menjabat sebagai Irwasum Polri ini tampil berbeda dari biasanya. Jika dulunya jebolan Akabri 1980 itu tampil berseragam dinas cokelat khas Korps Bhayangkara, Anton kini mengenakan pakaian muslim lengkap dengan penutup kepala.

Dari YouTube Muslim Indonesia yang dibagikan ulang akun TikTok @afghan_m.jafar, terekam potret Anton sedang mengisi tausiah di hadapan para jamaah tabligh. Rupanya usai purna tugas, Anton membulatkan tekad untuk berdakwah.

"Jenderal Anton Bachrul Alam. Semoga menjadi Asbab Hidayah seluruh alam Ya Allah," tulis keterangan video, dilansir brilio.net pada Selasa (27/9).