Brilio.net - BJ Habibie tutup usia pada Rabu (11/9) di usia 83 tahun. Pria dengan nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini merupakan Presiden Republik Indonesia ketiga. Usia dan penyakit gagal jantung menjadi penyebab BJ Habibie meninggal.

BJ Habibie dirawat di RSPAD Gatot Soebroto sejak Minggu (1/9). Sebelum meninggal, keluarga dekat diketahui sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Kepergian mantan Presiden Republik Indonesia tersebut mengukir duka mendalam bagi keluarga besar dan kolega yang ditinggalkan. Ucapan duka cita tak berhenti mengalir dari segenap masyarakat Indonesia.

Para tokoh nasional juga mengungkapkan duka citanya hingga menceritakan kenangan mereka akan sosok BJ Habibie. Para keluarga, kerabat dekat, pejabat publik sampai para selebriti mengungkapkannya melalui akun media sosial mereka masing-masing.

Usai kabar meninggalnya BJ Habibie, pihak keluarga telah mempersiapkan prosesi pemakaman. Hal tersebut tampak dalam postingan Instastory Melanie Soebono sebagai cucu Habibie.

Prosesi pemakaman BJ Habibie Instagram

foto: Instagram/@melaniesoebono

"RENCANA PEMAKAMAN JENAZAH ALM. BP. BJ. HABIBIE:

KAMIS 12 SEP 2019

* 13.30 di rumah duka JL. Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan, Upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kpd Pemerintah

* 13.00 di jenazah diberangkatkan dari rumah duka JL Patra Kuningan XIII/3 Jaksel menuju TMP Kalibata.

* 13.30 Prosesi Upacara Pemakaman Jenazah di TMP Kalibata

Irup: Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo," tulis Melanie dalam postingannya.

BJ Habibie menjadi presiden pertama yang akan disemayamkan di TMP Kalibata. Ia akan dikebumikan di samping makam almarhumah istrinya, Ainun Habibie.