Brilio.net - Anak muda nggak melulu terkait dengan dunia hura-hura. Masih banyak pemuda Indonesia yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Seperti yang dilakukan Christine Ayu Nurchayanti (19), atau kerap disapa Titin.

Mahasiswi jurusan Sastra Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur ini mengaku tak betah kalau belajar melulu. Hal ini dia sampaikan dalam status Facebooknya, Christine Ayu Nurchayanti, sebagaimana dikutip brilio.net, Rabu (4/10) seperti berikut ini:

ayo ngaos Istimewa

"Yah, Buk, maafkan anak gadis kalian yang tidak sepintar yang kalian mau, IPnya pas-pasan, tidak ada prestasi, tidak menonjol di akademik, tidak pkm2an, tidak ada piala. Karena anak gadis kalian tahu Yah, Buk, kuliah bukan ajang menaikkan kasta, sebab pula tau bahwa buat apa jadi mahasiswa kalau di luar sana kami dianggap tidak berguna. Maaf Yah, Buk. Gadis kalian lebih suka tawa anak-anak ketimbang nulis sederet kalimat dan teori yang tidak mengubahku di kelas. Maaf pula gadis kalian kuliah hanya kejar ijazah sebab tahu mata kuliah paling abadi ada di pemukiman sampah."

Dari status Facebook tersebut, terlihat betapa Titin peduli dengan anak-anak, terkhusus perihal pendidikan. Tak pelak mendorongnya untuk selalu meluangkan waktu berbagi ilmu kepada anak-anak yang kurang mampu. Dia pun mendirikan Komunitas Ayo Ngaos. Ngaos adalah bahasa Jawa yang artinya membaca. Dalam makna umum, ngaos berarti belajar.

ayo ngaos Istimewa

foto: Istimewa

"Saya tidak menjadi guru bagi mereka, justru mereka lah yang memberikan banyak pelajaran kepada saya. Saya bukan orang kaya yang memiliki banyak uang, bukan orang pintar yang bisa membuat banyak terobosan, namun hanya memiliki tenaga untuk bergerak. Saya hanya ingin berguna bagi orang-orang di sekitar. Dan itu sudah menjadi panggilan hati," katanya.

Semangat tanpa batas Titin bisa menggugahmu untuk sama-sama #BikinKerenIndonesia. Kamu bisa menemukan banyak kisah inspiratif dan keragaman Indonesia lainnya hanya di telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Selalu semangat #BikinKerenIndonesia ya, Guys!