Brilio.net - Ridwan Kamil telah selesai melaksanakan ibadah hajinya tahun ini. Namun kali ini, ibadah yang dilakukan bukanlah diniatkan untuk dirinya sendiri.

Ridwan Kamil melakukan ini untuk menggantikan ibadah haji mendiang putranya Emmeril Kahn Mumtadz yang telah meninggal. Ibadah semacam itu disebut haji badal dalam Islam.

Tak hanya menunaikan haji badal, Gubernur Provinsi Jawa Barat ini juga berkesempatan mendampingi jamaah haji dari provinsi yang ia pimpin. Lewat media sosial dirinya juga kerap membagikan berbagai momen yang terjadi selama dirinya ada di Tanah Suci.

Terbaru, alumni ITB ini meramaikan jagat maya dengan postingan yang diunggahnya pada Sabtu (16/Juli). Unggahan tersebut memperlihatkan kita video yang menampilkan pria 50 tahun ini sedang duduk bersama anak perempuannya, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara sambil melukis sebuah pemandangan di Masjid Nabawi, Madinah.

Ridwan Kamil Melukis Berbagai sumber

foto: Instagram/@ridwankamil

"Merekam Dengan Cara Manual. Keindahan Masjid Nabawi bersama Neng Zara dalam bentuk sketsa sederhana bersama sepulang dari masjid," katanya dalam caption unggahan tersebut.

Ridwan Kamil Melukis Berbagai sumber

foto: Instagram/@ridwankamil

Ridwan kamil melanjutkan, menurutnya tidak semuanya melulu diabadikan dengan teknologi kamera. Dirinya menekankan untuk melatih daya motorik untuk terapi.

"Tidak semuanya harus direkam dengan teknologi, sekalian melatih motorik sekaligus terapi," kata mantan Wali Kota Bandung ini melanjutkan.

Ridwan Kamil Melukis Berbagai sumber

foto: Instagram/@ridwankamil

Dalam caption tersebut, Ridwan Kamil turut mendoakan followersnya semoga diberikan kesabaran bagi mereka yang sedang ditimpa musibah sembari mengucapkan selamat berakhir pekan.

"Selamat berakhir pekan untuk semua. Dan semoga diberi kesabaran bagi yang sedang tertimpa musibah," pungkasnya.

Ridwan Kamil Melukis Berbagai sumber

foto: Instagram/@ridwankamil

Postingan tersebut begitu ramai dan menuai banyak pujian. Warganet banyak menilai lukisan dari pria yang sebelumnya merupakan arsitek ini begitu keren. Bahkan, ada yang mengusulkan lukisan itu dijadikan kartu ucapan selamat hari raya Idul Fitri.

"Inspirasi Kanggo Kartu Ucapan Idul Fitri Pak Gub... Sae pisund," kata @ebithbeata

"Love pisaaaaan," puji @sandypasband_

"Keren pak GUB kami, masya allah," kata @euqitnahcim turut memuji.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)