Brilio.net - Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) merupakan tokoh penting pada periode pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Pria lulusan Akademi Militer Nasional angkatan 1970 itu juga kerap disebut sebagai orang kepercayaan Jokowi. Kebijakan dan statement-nya seringkali menuai pro dan kontra di tengah masyarakat.

Namun siapa sangka, di balik sosoknya yang tegas rupanya Menko Bidang Maritim dan Investasi yakni Luhut Binsar Pandjaitan adalah orang yang penuh kasih, perhatian, dan humanis. Di luar dari tanggung jawabnya yang seabrek itu, Luhut masih sempat memberikan hadiah spesial kepada asisten rumah tangganya yang hendak pensiun.

Hal itu diketahui setelah Luhut membagikan momen perpisahan dia dan keluarga dengan asisten rumah tangga bernama Mbak Sur. Melalui postingan foto di Instagram, Luhut menyampaikan rasa terima kasih kepada Mbak Sur yang telah bekerja untuk keluarganya selama 30 tahun lebih.

perpisahan art luhut binsar pandjaitan © Instagram

foto: Instagram/@luhut.pandjaitan

"Saya mau berhenti kerja dan istirahat di kampung halaman, Bu," tulis Luhut mengawali pesannya.

Keputusan Mbak Sur untuk berhenti bekerja dan balik ke kampung membuat Luhut dan keluarga terharu. Diceritakan oleh Luhut, Mbak Sur sudah bekerja dengannya sejak dia masih berpangkat Mayor. Selama bekerja di sana, Mbak Sur membantu meringankan pekerjaan sang istri, seperti memasak sampai menjaga anak-anak.

Hubungan yang baik antara keluarga Luhut dan ART-nya sudah terjalin berpuluh tahun. Saking lamanya Mbak Sur bekerja, anak tertua Luhut sampai mencium tangan Mbak Sur. Karena itulah Luhut mengatakan bahwa Mbak Sur layak mendapatkan apresiasi dan rasa hormat yang tinggi.

perpisahan art luhut binsar pandjaitan © Instagram

foto: Instagram/@luhut.pandjaitan

"Jika banyak orang mungkin punya hubungan yang tidak awet antara Asisten Rumah Tangga dengan Pemberi Kerja, maka tidak begitu yang terjadi dalam keluarga kami. Mbak Sur sudah 37 tahun setia bekerja di rumah dan rasanya pantas menerima segala rasa hormat dan apresiasi yang lebih dari sekedar materi," kata Luhut.